Ciptakan Program Pemberdayaan Unggul

BANDUNG – Sebagai kawasan industri kerajinan sepatu Kelurahan Cibaduyut Kota Bandung memiliki konsep tersendiri dalam menata lingkungannya.

Lurah Cibaduyut Tisna mengatakan, sebagai daerah yang memiliki keunggulan industri pihaknya bersama Kecamatan Cibaduyut telah menerapkan beberapa program unggulan untuk diterapkan di wilayahnya dengan bersinergi bersama Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LPM), Karang Taruna dan PKK.

Menurutnya, beberapa program bersama ini sudah dilakukan di antaranya  pembangunan infrastruktur jalanan, fasilitas sarana publik, dan menjaga kebersihan gorong-gorong yang dilakukan secara berkala.

Selain itu, kegiatan yang sifatnya himbauan kepada warga di antaranya mengajak masyarakat untuk bergotong royong, gerakan memungut sampah, dan ikut menyosialisasikan gerakan tanpa asap roko pada hari selasa.

Tisna mengatakan, Kelurahan Cibaduyut saat ini ditunjuk untuk mewakili Kota Bandung untuk mengikuti lomba Program Terpadu Peranan Wanita dalam Mewujudkan Keluarga yang Sejahtera di tingkat Provinsi.

“Kita mendapat amanah ya di percaya oleh pimpinan untuk mewakili kota Bandung di tingkat provinsi. Itu kita ambil lokasinya di RW 03,” kata Tisna ketika ditemui di ruang kerjanya. (28/9)

Dia mengungkapkan untuk pembangunan di bidang kemasyarakatan Kelurahan Cibaduyut juga sudah merealisasikan usulan pembangunan rumah tidak layak huni di sebanyak 20 unit.

Untuk meningkatkan peran perempuan pemeberian keterampilan khusus bagi keluarga dibina langsung oleh kelurahan sebanyak 100 orang dengan memberikan keterapilan berupa tata rias pengantin, Cathering, tata boga/pastry, membuat hantaran, dan menjahit dengan masing-masing kelompok berjumlah 20 orang setiap pelatihan.

“Nah itu ada progresnya selesai program ini, nanti tanggal 26 September ini datang penilaian dari tingkat provinsi ke kelurahan sini untuk melihat,’’tutur Tisna.

Tisna menambahkan, selain sebagai bentuk pemberdayaan, tujuan program ini untuk meningkatkan taraf hidup keluarga. Sehingga, peran ibu-ibu akan membantu menopang ekonomi keluarganya.

’’ Inikan jadi lebih bermanfaat dengan diadakannya program ini, mereka bisa menghasilkan penghasilan sambil menonton televisi untuk membantu suaminya,” pungkas dia. (job/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan