Cara Mengatasi Kecanduan Game

Bermain Bersama Teman-Teman yang Sibuk. Yang juga menyukai game tentunya. Ketika kamu bermain bersama mereka, pada suatu waktu mereka harus melakukan sesuatu dan sesi bermain pun mesti selesai. Memang bukan hal yang mudah mencari teman seperti ini. Tetapi jika kamu memilikinya, “manfaatkanlah”.

Perbanyak Aktivitas di Luar. Berolahraga secara rutin, pergi bersama keluarga, dan aktivitas keluar rumah lainnya bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengurangi kecanduan akan game. Selain itu juga menjadi lebih sehat tentunya.

Miliki Niat dan tekad yang Kuat untuk Berubah. Jika serius untuk berhenti dari kecanduan ini, memang hal pertama yang harus dimiliki adalah tekad serta kemauan yang kuat untuk terlepas dari kebiasan tersebut. Memang awalnya akan mengalami kesulitan untuk tetap bisa menjaga komitmen. Namun percayalah, bila niat kuat, maka akan bisa melewatinya dengan baik, motivasilah diri bahwa pasti bisa berubah.

Perkuat Hubungan Anda dengan Allah SWT. Hal yang satu ini tidak dapat disepelekan karena dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWR, akan lebih percaya diri untuk dapat berubah. Berdoalah selalu dan perbanyak mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya.

Pikirkan Selalu Dampak Buruknya. Dengan selalu memikirkan dampak buruknya, sedikit demi sedikit akan mulai menjauhi game tersebut, karena dengan cara ini akan tersugesti seandainya hal-hal buruk tersebut menimpa diri sendiri.

Berhentilah Bermain Game. Karena sudah berkomitmen untuk sembuh dari kecanduan ini, maka harus mau untuk berhenti memainkan permainan tersebut. Jangan mengurangi durasi bermain, tetapi berhentilah saat itu juga, karena bila hanya mengurangi durasinya, maka keinginan untuk memainkannya pasti akan muncul kembali, bahkan mungkin lebih besar, sehingga tidak dapat mengendalikannya. Pikirkanlah selalu bahwa lebih baik tidak memainkannya daripada terjerumus lagi. Namun suatu saat, ketika sudah dapat mengendalikan kecanduan, bila tiba-tiba ingin memainkannya, maka tidak perlu merasa khawatir karena pasti sudah bisa mengendalikan diri.

Terbuka pada Orang Terdekat. Ceritakanlah tentang kecanduan yang dialami kepada keluarga supaya keluarga dapat memberi dukungan atau jalan keluar. Jangan malu untuk berkata jujur kepada mereka. Dengan keterbukaan akan memberi kepercayaan diri untuk terlepas dari kecanduan game.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan