oleh

Cara Mengatasi Kecanduan Game

Mengakui kecanduan terhadap game. Ketika tahu bahwa memang kecanduan game, hal pertama yang benar-benar perlu dilakukan adalah menerimanya. Penerimaan pada situasi ini memang butuh usaha keras, karena harus mencoba untuk tidak menyangkalnya, menolaknya, atau membandingkan situasi diri sendiri dengan orang lain. Setelah bisa menerima situasi ini, dijamin langkah-langkah selanjutnya akan terasa lebih mudah karena sudah terpikirkan solusi apa yang tepat untuk berhenti dari kebiasaan yang satu ini.

Mengubah pola pikir. Setelah menerima kenyataan bahwa memang kecanduan bermain game, cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengubah pola berpikir. Yang dimaksud dengan mengubah pola berpikir di sini adalah mulai serius memikirkan apa yang menjadi tujuan jangka panjang, katakanlah apa yang ingin kita capai dalam waktu 5 tahun ke depan. Dengan menetapkan target dari sekarang, secara perlahan kita akan menyadari bahwa bermain game terus menerus justru dapat menjadi penghalang untuk mencapai tujuan tertentu. Selain itu, meskipun saat ini sudah mencapai skor tertinggi dalam game tertentu, hal tersebut juga tidak ada artinya untuk beberapa tahun ke depan atau tidak menjamin kesuksesan baik dari segi pendidikan ataupun karir.

Berhenti menjadi perfectionist. Tidak dapat dipungkiri jika berbagai tantangan yang ada dalam game membuat ingin menyelesaikan game tersebut secepatnya, dan hal tersebut menghabiskan banyak waktu, bahkan bisa berhari-hari. Untuk mengatasi hal ini, dengan berpikir bahwa menyelesaikan segala tantangan yang ada pada game tidak memberi keuntungan apapun saat ini maupun di masa mendatang. Memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.