Bupati Cianjur Terjaring OTT KPK

Atas perbuatannya, keempat tersangka disangkakan me­langgar Pasal 12 huruf f atau Pasal 12 huruf e atau Pasal 12 B Undang-Undang (UU) No­mor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pi­dana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No­mor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Sementara itu, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menyayangkan tindak pidana korupsi justru terjadi di tengah peningkatan kualitas pendidikan Tanah Air. ”Dalam kasus seperti ini jelas yang menjadi korban adalah para siswa di Cianjur dan ma­syarakat yang seharusnya me­nikmati DAK tersebut secara maksimal,” imbuhnya.

Febri menegaskan, korupsi di sektor pendidikan tidak hanya merugikan keuangan atau dae­rah. Akan tetapi, lebih buruk dari itu. Seperti, rusaknya masa depan bangsa untuk bisa men­jadi lebih baik melalui pendidi­kan yang berkualitas.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku sedih dan prihatin dengan kembali tertangkapnya satu kepala daerah di Jawa Barat. ”Saya prihatin dan sedih. Sudah berkali-kali di berbagai forum, kumpul dengan kepala daerah. Saya ingatkan tiga hal (integri­tas, pelayanan, dan profesio­nalitas). Ehh kalau emang betul masih jebol juga saya prihatin. Saya tidak akan ber­henti mengingatkan,” sebut Ridwan Kamil usai melantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon di Gedung Sate Bandung, kemarin (12/12).

Sebagai orang nomor satu di Jabar, Kang Emil sapaanya, menjalankan tugas sesuai dengan Undang-Undang, mem­berikan bimbingan, nasehat kepada diri dan jajarannya.

”Memberi nasehat pada saya sendiri untuk selalu menging­atkan, tapi ujungnya itu pilihan batin dari setiap individu. Jadi sistem hebat saja kalau indivi­dunya memang punya niat (maka terjadi),” sambungnya.

Pengakuannya, setiap ke­pala daerah yang diberi ama­nah memimpin harus diluru­skan niatnya. Yakni untuk melayani masyarakat dan membangun wilayahnya. Jika niatnya sudah berbeda maka, akan mudah tergiur untuk mencari kekuasaan atau lain­nya yang tidak dibenarkan. ”Saya selalu bilang niatnya untuk mencari kekuasaan nafkah atau mau membawa perubahan?” Ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan