Bulog Jamin Harga Beras Tak Terpengaruh Dolar

CIMAHI – Untuk menjaga stabilitas harga beras di pasaran, selain melakukan impor beras, pemerintah juga melaksanakan penyaluran beras medium dalam kemasan yang langsung didistribusikan pada masyarakat melalui Bulog.

Di wilayah Bandung Raya, termasuk untuk Kota Cimahi, penyaluran beras medium dalam kemasan dilakukan dari Gudang Bulog Regional Bandung, Jalan Mahar Martanegara, Rabu (5/9).

“Kebutuhan pangan masyarakat harus terpenuhi. Dan penyaluran ini juga menjadi upaya komersialisasi beras kemasan Bulog dengan cakupan yang lebih luas,” kata Dewan Pengawas Bulog Tenaga Ahli Menteri Bidang Cadangan dan Distribusi Pangan Strategis, Spudnik Sujono.

Spudnik juga memastikan jika harga jual beras di pasaran saat ini masih standar, tak terpengaruh oleh pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar yang belakangan menyentuh angka Rp15.090.

“Untuk penyaluran ini kita yakin harga akan tetap stabil, jadi kenaikan nilai tukar dolar tidak akan berpengaruh juga. Ketahanan pangan kita tetap aman lah,” tuturnya.

Secara keseluruhan, stok beras di Gudang Bulog nasional mencapai 1,3 juta ton beras yang berasal petani lokal, sedangkan jumlah beras impor mencapai 1,2 juta ton.

Kepala Perum Bulog Divre Jabar Ahmad Makmun mengatakan. Harga jual beras medium dalam kemasan yang disalurkan Bulog seharga Rp 9000 perkilogram, sedangkan beras premium dalam kemasan seharga Rp11.000 perkilogram.

Stok beras di wilayah Jabar berkisar 5.000 ton perbulan, di Gudang Bandung stok berkisar 12.000 ton. Pada pelepasan kali ini, beras disalurkan ke Kecamatan Regol dan Kecamatan Ujungberung Kota Bandung.

“Beras ini dikirim ke kecamatan, nanti mereka yang bakal menginformasikan ke masyarakat soal adanya beras dari Bulog yang bisa diserap. Sebelumnya kita sudah koordinasi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Pangan tiap pemerintah daerah,” ungkapnya.

Jika antusiasme masyarakat tinggi, pihaknya bakal memfasilitasi kebutuhan masyarakat.

“Misalnya kecamatan atau kelurahan membutuhkan penyaluran kami siap fasilitasi, tinggal hubungi saja. Bisa juga nanti bekerjasama dengan toko besar, atau lainnya,” pungkasnya. (ziz/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan