Bulan Dana PMI Diperpanjang

MARGAHAYU – Bulan Da­na Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bandung 2018, sudah dimulai sejak bulan September 2018 lalu dan akan berlangsung hingga bulan Februari 2019.

Ketua PMI Kabupaten Bandung dr. H. Achmad Kus­tijadi, M.Epid mengatakan, tahun ini bulan dana PMI akan diperpanjang sampai Febru­ari 2019, dengan target sebe­sar Rp. 1,5 miliar.

’’Donaturnya antara lain OPD (Organisasi Perangkat Daerah), para ASN (Aparatur Sipil Ne­gara), sekolah swasta, tempat wisata, dan perusahaan yang tidak terjangkau oleh pemerin­tah,” ungkap Achmad saat di wawancara, kemarin. (14/12).

Dia mengatakan, dana yang terkumpul nantinya akan di­pergunakan untuk kegiatan Pelayanan Sosial dan Keseha­tan Masyarakat (PSKM), penanganan bencana, pem­binaan Korps Sukarela (KSR), anggota Palang Merah Re­maja (PMR), Tenaga Sukarela (TSR) dan pembinaan pengu­rus PMI tingkat kecamatan.

“ Kita melakukan pelayanan kecelakaan, pelayanan rujukan masyarakat ke rumah sakit dan pelatihan pertolongan per­tama bagi masyarakat awam. Sedangkan untuk penanganan bencana, kita gunakan untuk distribusi air bersih serta dapur umum,” jelas dia.

Kustiadi emngatakan, untuk rencana anggaran 2019, akan dipergunakan untuk mening­katkan kualitas dan kuantitas relawan seperti KSR, TSR dan PMR, juga mengembangkan sarana dan prasarana dasar PMI seperti markas, posko, aset dan gudang.

“Selain itu, kami akan me­nambah jumlah pelatih dan fasilitator relawan yang ber­sertifikat. Tak lupa, penga­daan peralatan pelayanan darurat bencana, juga ken­daraan operasional tanggap darurat bencana akan kita tambah,” terangnya.

Dirinya menambahkan, PMI Kabupaten Bandung telah melaksanakan tugas pokok PMI khususnya dibidang ben­cana, baik dalam kegiatan mitigasi, penanganan ben­cana serta pasca bencana yang terjadi di daerah Kabupaten Bandung, tingkat provinsi dan nasional.

“Selama lima tahun ini kami telah turut serta dalam penanganan bencana baik yang berlokasi di tingkat re­gional serta di tingat provin­si di Indonesia. Kami juga ikut membantu ketika terjadi bencana di NTB (Nusa Teng­gara Barat) dan Sulawesi Tengah,” kata Kustijadi.

Di tempat yang sama, Se­kretaris Daerah (Sekda) Ka­bupaten Bandung Ir. H. So­fian Nataprawira, MP, berha­rap capaian Bulan Dana PMI Kabupaten Bandung akan terus meningkat sampai akhir penggalangan, mengingat masih adanya potensi yang belum tergali.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan