Bukan Lawatan Mudah

VINH – Song Lam Nghe An (SLNA) menjadi salah satu kuda hitam pada penyisihan grup H, AFC Cup 2018. Untuk sementara, mereka menyabet dua poin penuh dalam dua laga pembuka, sekaligus dua kali cleansheet. Terakhir mereka mengalahkan Johor Darul Takzim (2-0) pekan lalu. SLNA bakal menjadi lawan kampiun Piala Presiden 2018, Persija Jakarta.

Laga yang dijadwalkan berlangsung di Vinh Stadium, Vietnam (Siaran langsung RCTI, pukul 15.00 WIB) menjadi pembuktian konsistensi Macan Kemayoran-julukan Persija. Mereka mengandalkan informasi dari Marko Simic, penyerang asing Persija yang dua tahun membela tiga klub berbeda di Vietnam.

Mulai Binh Duong, Dong Thap juga Long An. Persija harus kehilangan sosok bek tangguh, Jaimerson da Silva Xavier yang mendapatkan larangan bermain. Sebelumnya, dia mendapatkan kartu merah pada laga melawan Tampines Rovers. SLNA merupakan skuad yang mengandalkan kemampuan para pemain muda lokal mereka.

Dua di antaranya, merupakan penghuni skuad Timnas U-23. Antara lain, Pham Xuan Manh, dan Pham Duc Huy. Bahkan, Xuan Manh bahkan menjadi pencetak gol bagi timnya saat menjamu Johor Darul Takzim pekan lalu. Ini mengisyaratkan bahwa perjuangan Persija tidak akan berlangsung mudah. “Kami tahu SLNA punya banyak pemain bagus. Tetapi, kami fokus untuk bermain di level tertinggi,” ujar Sandi Sute, gelandang petarung Macan Kemayoran.

Sementara itu Bagi Stefano Cugurra, dirinya cukup lama berkiprah di sepak bola Asia Tenggara. Tetapi dia mengakuui untuk sepak bola Vietnam, Teco, sapaan karibnya, mengaku belum paham betul. Hanya menurut dia, perkembangan sepak bola Vietnam saat ini berlangsung cukup maksimal.

“Khususnya lawan kami (SLNA, Red), mereka punya pemain yang bagus,” terang Teco. Pada tabel klasemen saat ini, tuan rumah memimpin grup H dengan enam poin. Sedangkan Persija berada di peringkat ketiga dengan raihan tiga poin. Capaian yang sama dengan Johor Darul Takzim (JDT). Hanya, Macan Kemayoran kalah head-to-head dengan JDT.

Meskipun sudah dua kali mendulang kemenangan, Nguyen Duc Thang, pelatih SLNA menyatakan timnya belum mencapai 100 persen kekuatan. Performa Persija yang menanjak sejak Piala Presiden juga turut mendapatkan perhatian Duc Thang. Bermodal video pertandingan dan informasi yang tersebar di internet, dia melihat semua persiapan yang dijalankan Persija.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan