BPJS Kesehatan Cimahi Lakukan WTA Untuk Wujudkan Kepuasan Peserta JKN-KIS

CIMAHI –  Demi menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan secara rutin menggelar kegiatan WTA (Walk Through Audit). WTA merupakan alat bantu untuk melakukan evaluasi terhadap layanan fasilitas kesehatan dalam hal meningkatkan indeks kepuasan peserta. Pelaksanaan WTA dilakukan di seluruh Fasilitas Kesehatan selama satu tahun. WTA tersebut dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan mutu pelayanan, dimana mutu pelayanan menjadi salah satu indikator tingkat kepuasan peserta JKN-KIS.

“Setiap minggu kami melakukan WTA (Walk Trough Audit) atau survey kepuasan peserta JKN-KIS terhadap pelayanan yg telah didapatkan di Rumah Sakit.” ujar salah satu Verifikator Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Puspa Pertiwi, Kamis (12/07) setelah melaksanakan WTA di RSUD Cibabat Kota Cimahi.

Puspa menambahkan jika pihaknya juga melakukan customer visit terhadap pasien di RSUD Cibabat. Customer visit tersebut dilakukan agar BPJS Kesehatan mampu mendapatkan data-data yang lebih akurat guna meningkatkan pelayanan kepada peserta.

“Hasil WTA dan customer visit setiap minggu kami feedback langsung kepada manajemen RS. Jika dalam hasil survey ada keluhan ataupun masukan dari peserta JKN-KIS, maka melalui feedback tersebut kami sampaikan kepada manajemen RS untuk segera menindaklanjuti keluhan dan masukan tersebut,” ditambahkan oleh Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Devi Afni.

Lebih lanjut Devi mengatakan jika manajemen RS selalu merespon dengan baik feedback dari BPJS Kesehatan dengan segera menindaklanjuti. Hal tersebut membuat tingkat kepuasan masyarakat semakin meningkat di tahun 2018 ini. Ia juga mengatakan jika BPJS Kesehatan sebagai mitra kerja RSUD Cibabat merasa puas bekerjasama dengan manajemen RSUD Cibabat.

“Pada saat dilakukan customer visit, kami petugas BPJS Kesehatan juga sekaligus memberikan informasi langsung ke peserta JKN-KIS dan keluarganya tentang informasi seputar pelayanan BPJS Kesehatan. Selain itu kami juga melakukan sosialisasi terkait pelayanan kesehatan kepada petugas rumah sakit,” ujar Devi.

Dengan adanya WTA tersebut maka kita akan mengetahui apa saja yang menjadi kendala fasilitas kesehatan atau apa saja yang di rasakan oleh peserta saat berobat. Hasil WTA tersebut akan menjadi bahan sebagai umpan balik BPJS Kesehatan kepada fasilitas kesehatan agar memperbaiki tingkat pelayanan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan