Courtois Bisa Adopsi Skema Ancelotti

MADRID – Saga transfer Thibaut Courtois akhirnya menjadi kenyataan. Kiper timnas Belgia tersebut dipastikan menjadi penggawa anyar Real Madrid setelah dibeli dari Chelsea senilai EUR 35 juta (Rp 583,2 miliar).

Courtois pun tercatat sebagai kiper kelima yang menghuni skuad Real. Sebelumnya, Real sudah memiliki Keylor Navas, Kiko Casilla, Andriy Lunin dan Luca Zidane. Kepada sekitar dua ribu Madridistas yang menghadiri sesi perkenalannya di Santiago Bernabeu kemarin, Courtois merasa bangga bisa membela Real.

”Bergabung dengan klub terbaik di dunia bukanlah hal yang mudah,” kata Courtois seperti dikutip AS. ”Saya sudah bekerja keras untuk bisa sampai ke sini. Saya selalu memimpikan momen seperti ini sejak masih kanak-kanak,” papar kiper 26 tahun itu.

”Saya ingin lebih dekat dengan keluarga. Saya juga ingin berterima kasih kepada semua pihak yang membuat proses transfer ini terwujud. Khususnya kepada ibu dari anak-anakku,” ujarnya.

Kiper terbaik di Piala Dunia 2018 ini mengakui, kalau sebetulnya ada tawaran yang lebih menarik. ”Ya, saya menerima banyak tawaran yang lebih baik dari sisi finansial. Tapi, setelah saya mempelajari tawaran yang konkret dari Real, saya tak ragu lagi untuk bergabung dengan klub terbaik di dunia,” tandasnya.

Entrenador Julen Lopetegui jelas sosok yang paling pusing dengan hadirnya Courtois. Sebab, dia kini memiliki lima kiper, dan dua di antaranya tengah berada dalam performa terbaik. Lopetegui harus memilih Navas atau Courtois yang menjadi kiper utama. Tapi, Lopetegui bisa meniru skema Carlo Ancelotti pada musim debutnya di Santiago Bernabeu. Saat itu, dia juga memiliki dua kiper hebat. Yakni kapten Iker Casillas dan Diego Lopez.

Namun, Don Carlo saat itu tidak menepikan salah satunya. Ancelotti membagi kapling yang adil buat keduanya. Casillas untuk Liga Champions sedangkan Lopez ajang domestik La Liga dan Copa del Rey. Hasilnya? Real mampu membukukan double winners dengan meraih trofi Liga Champions dan Copa del Rey. Bagaimana dengan kiper lainnya?
Kiko Casilla mungkin hanya diplot sebagai kiper ketiga. Sementara, Luca dan Lunin bakal dipinjamkan ke klub lain. Sejauh ini, Lopetegui juga masih mempercayai kemampuan Navas. ”Navas? Saya percaya dia luar biasa. Dia sudah menunjukkan performa hebat selama pramusim dan merupakan salah satu pemain yang membuat saya senang bisa memilikinya di tim ini,” kata Lopetegui. (io/bas/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan