Bina UMKM Dapat Penghargaan ICSB

BAWET – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menerima dua penghar­gaan International Council for Small Business (ICSB) City Award 2018, pada aca­ra penganugerahan ICSB Award 2018. Dua penghar­gaan tersebut yaitu Nata­mukti dan Natamukti Nin­dya Ganapravara.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM), A.A.G.N Puspa­yoga menyerahkan langsung penghargaan ini kepada Wali Kota Bandung Oded M. Danial pada Kamis ma­lam (15/11).

Oded mengatakan, menga­ku sangat bersyukur Pemkot Bandung dapat melakukan pembinaaan pada pelaku Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM). Hal ini men­jadi untuk meningkatkan pembinaan seluruh UMKM.

”Pemkot Bandung harus terus mendorong dan mem­bina UMKM. Penghargaan ini menjadi spiritnya,” kata Oded.

Dia menuturkan, pihaknya akan terus berusaha agar UMKM di Kota Bandung terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya. Sehing­ga UMKM bisa besaing dengan produk-produk pabrikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung, Priana Wirasaputra mengungkapkan, Pemkot Bandung sebenarnya telah beberapa kali menerima pen­ghargaan ini. Namun melalui penghargaan tahun ini, se­makin mempertebal tekad Pemkot Bandung untuk terus membina UMKM di Kota Bandung.

”Tahun lalu kita juga mene­rima penghargaan yang sama,” kata Priana.

Priana mengungkapkan, berdasarkan data Badan Pu­sat Statistik terdapat 330 ribu UMKM di Kota Bandung. Namun dari jumlah tersebut, baru sekitar 600 UMKM yang terbina oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung.

”Tentu kita akan terus be­rusaha untuk meningkatkan pembinaan kepada UMKM. Itu sesuai dengan arahan pimpinan,” tutur Priana.

Selama ini, terang Priana, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung telah melaku­kan berbagai hal. Pertama, peningkatan kapasitas sumber daya manusia UMKM mela­lui pendidikan dan latihan serta bimbingan teknis wi­rausaha baru.

Selain itu, pihaknya juga telah memfasilitasi para pela­ku UMKM dari sisi pembi­ayaan.

”Kita juga membantu pro­mosi dan pemasaran produk-produk UMKM Kota Bandung. Salah satunya memasarkan melalui Little Bandung. Di tingkat lokal, kita telah mem­buka Little Bandung di Kota Makassar,” terang Priana. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan