Berikan Kesempatan Penyandang Disabilitas Bekerja

CIMAHI – Kementerian Sosial RI mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama memberi dukungan dan meneguhkan keberpihakan terhadap penyandang disabilitas. Sebab, hal itu merupakan bagian dari tujuan pembangunan nasional yakni menciptakan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Menurut Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, keberpihakan terhadap penyandang disabilitas tersebut dapat direalisasikan melalui penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

”Pemerintah juga secara bertahap dan bersungguh-sungguh mengambil langkah konkrit untuk mendukung kesetaraan bagi kaum disabilitas,” ujarnya saat menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) Abiyoso Cimahi ke-57, di BLBI, Jalan Kerkof, Kota Cimahi, Rabu (28/11).

Agus mengatakan, untuk mendukung kesetaraan kaum disabilitas, saat ini pihaknya sudah melakukan berbagai cara yang diantaranya dengan membangun pendidikan layak dan inklusif, menyediakan lapangan pekerjaan, sarana transportasi dan fasilitas publik yang aksesibel.

”Ada yang tak kalah penting, yakni pemenuhan terhadap akses informasi dan komunikasi sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-undang nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas,” katanya. (zis/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan