Berharap BIJB Dongkrak Perekonomian

BANDUNG – Jawa Barat kini telah memiliki bandara anyar, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Historical landing (pendaratan perdana, Red.) dilakukan Presiden RI Joko Widodo, kemarin (24/5).

Bagaimana tanggapan calon pemimpin Jawa Barat dengan resmi beroperasinya bandara terbesar ke-dua di Indonesia itu.

Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyambut baik peresmian BIJB. Dia berharap ada effect dari pengoperasian bandara tersebut yakni mampu mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat, salah satunya melalui sektor wisata dan Usaha Kecil Menengah (UMKM).

”Saya sangat mengapresiasi pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati yang hari ini (kemarin, Red.) diresmikan oleh presiden Jokowi Kertajati memberi banyak manfaat bagi masyarakat,” tutur Uu saat dikonfirmasi Jabar Ekspres, kemarin (24/5).

Lebih lanjut dia menjelaskan keberadaan bandara ini dipandangnya sangat penting. Karena dia beralasan Bandara akan memudahkan pergerakan orang dan barang. Contohnya pembukaan Bandar Udara Wiriadinata di Tasikmalaya memudahkan aktivitas berbagai sektor mulai dari ekonomi hingga wisata.

”Saya sangat berterima kasih karena Pak Presiden membuka penerbangan langsung Tasik-Jakarta dan Solo. Sehingga masyarakat punya banyak pilihan transportasi,” jelasnya.

Menurutnya, keberadaan bandara diharapkan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat luas. Selain itu, Uu berharap bandara bermanfaat tidak hanya bagi pemodal besar tapi juga pelaku UMKM.

“Pelaku usaha kecil dan masyarakat sekitar harus bisa memanfaatkan keberadaan bandara dengan membuka usaha,” katanya.

Dia menambahkan, pasangan Ridwan Kamil yang biasa disapa Kang Uu ini siap menjalin sinergi dengan pemerintah pusat untuk percepatan pembangunan infrastruktur. Di antaranya pembangunan akses jalan ke kota-kota sekitar dan asrama haji. Sebab, bandara internasional akan menjadi andalan baru penerbangan umrah dan haji. Kang Uu mengharapkan BIJB memiliki masjid monumental yang mampu menampung ribuan jamaah dalam beribadah.

“Bandara harus punya masjid bagus, kalau bisa seperti Masjid Istiqlal. Karena masjid itu menjadi simbol syiar Islam. Harus dibangun sekarang mumpung masih banyak lahan yang tersedia,” katanya.

Harapan sama juga disampaikan calon Gubernur Jawa Barat Tb Hasanuddin. Dia optimistis jika keberadaan BIJB akan mendongkrak perekonomian warga di sekitar lokasi bandara. Terutama kata dia, wilayah Majalengka, Kuningan Indramayu dan Cirebon.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan