Asian Games Ajang Promosi Produk WUB

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) menilai pelaksanaan Asian Games 2018 di Jawa Barat merupakan momentum tepat bagi para pelaku Wirausaha Baru (WUB) untuk mengembangkan dan mempromosikan produk mereka diajang tersebut.

Rencananya, Asian Games 2018 akan dihelat Agustus mendatang. Ada lima Cabang Olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan di Jawa Barat. Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jabar, Iwa Karniwa tentunya setiap Cabor akan mampu menarik banyak massa pendukung dari berbagai negara.

Karena hal itulah, pihaknya mendorong pelaku usaha untuk malakukan promosi produk-produk unggulan dengan berbagai inovasi. Sebab, bukan hanya kuliner, termasuk transportasi, hotel dan lainnya pun bisa berdampak bagi ekonomi para pelaku usaha.

”Itu bisa menjadi peluang. Makanya kami dorong dari event luar biasa ini,” kata Iwa di Bandung kemarin (4/7).

Lebih lanjut Iwa mengatakan, para pelaku usaha di Jawa Barat harus mampu memanfaatkan peluang bisnis dari penyelenggaraan Asian Games 2018. Sebab, pelaksanaan tersebut akan dihadiri orang-orang dari berbagai negara, mulai dari atlet, ofisial dan media massa.

”Itu tinggal jalin komunikasi dengan berbagai pihak seperti Inasgoc sebagai penyelenggara. Selain atlet ada juga media massa dari 45 negara. Ini peluang besar untuk mengenalkan produk unggulan,” kata dia.

Dalam pelaksanaan Asian Games 2018, kata Iwa, pelaku usaha bisa memanfaatkan untuk mengenalkan produk-produk mulai dari kuliner maupun cindera mata khas Jawa Barat. Sebab, para pendukung dan juga awak media yang datang dipastikan akan mencicipi kuliner dari Jawa Barat.

Iwa pun mengaku bangga dengan perkembangan WUB di Jawa Barat karena sejak digulirkan pada tahun 2013 lalu, pencetakan WUB telah melebihi target yang ditetapkan, yakni 100 ribu WUB. Hingga akhir 2017, tercatat telah berhasil mencetak sebanyak 129 ribu wirausaha.

”Sekarang ada 600 WUB yang bergerak dibidang makanan, minuman, pakaian dan kerajinan. Ini forum bertemunya produsen, pedagang untuk mempromosikan,” kata dia. (mg1/ign)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan