Ajay Coba Bawa Sakoci Keliling Kota

CIMAHI – Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna meninjau proses finishing pengerjaan bus wisata yang rencananya akan digunakan mulai 2019 mendatang.

Bus yang dibuat dibuat di bengkel Domatzi, merupakan tempat spesialis mengerjakan karoseri kendaraan militer. Sehingga, bus itu, nantinya memiliki design art deco dengan ciri khas warna hijau TNI.

Ajay berharap dinas terkait bisa melengkapi bus tersebut dengan berbagai asesoris yang disesuiakan dengan fungsi bus yang akan mengangkut wisatawan yang datang ke Cimahi dengan konsep Wi­sata Militernya. Bahkan, dia juga sempat test drive dengan bertindak sebagai sopir bus untudk memastikan Bus ter­sebut laik jalan.

Ajay didampingi, Kepala Disbudparpora dan Plt Ke­pala Dinas Perhubungan mengangkut beberapa staf ASN Pemkot mengelilingi Kota Cimahi. Dimulai dari Pusdikpal, bus mulai melaju melalui jalan Rajawali, Gatot Subroto, Ganda Wijaya dan menelusuri Jalan Amir Mach­mud kemudian masuk ke Jalan Cihanjuang hingga finish di Kantor Walikota di Jalan Demang Hardjakusuma.

Ajay menjelaskan, setelah dilakukan pengecekan, bus tersebut masih perlu dilaku­kan penyempurnaan, se­perti disediakan fasilitas terkait edukasi sejarah.

”Nanti dipasang foto, film tentang Cimahi, soal militer, kuliner, tempat bersejarah. Pokoknya, bus ini harus beda dari yang lain. Sakoci akan menjadi fasilitas yang bisa digunakan masyarakat Cimahi untuk mengenal ko­tanya lewat tempat berseja­rah yang dilintasi,” jelasnya.

Menurutnya, Sakoci bukan sekedar bus yang digunakan untuk jalan-jalan oleh masy­arakat Kota Cimahi, tetapi Sa­koci merupakan bus yang harus digunakan untuk edukasi agar masyarakat bisa mengenal soal sejarah Kota Cimahi.

”Bus ini kan untuk diguna­kan sebagai bus wisata edu­kasi, mengenal wisata militer dan bangunan bersjarah. Jadi jangan sekedar jalan-jalan saja,” ujarnya.

Bus yang merupakan hibah dari Gubernur Jawa Barat ini mengusung konsep art deco yang dibalut dengan warna hijau tua, sehingga menon­jolkan ciri khas Kota Cimahi sebagai kota militer.

Ditempat yang sama, Ka­disbudparpora Kota Cimahi Budi Raharja mengatakan, akan mengoperasikan bus Sakoci setelah menggelar rakor dengan instansi ter­kait, kemudian akan dilaku­kan uji coba.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan