Ajak Mahasiswa Bikin Penelitian Tentang Citarum

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengajak kepada seluruh Mahasiswa Institute Teknologi Bandung untuk berpartisipasi menyumbangkan ide, gagasan dan saran terhadap program Citarum harum.

Menurutnya, gerakan Citarum Harum rencananya akan kembali dicanangkan oleh Presiden RI pada awal Februari. Sehingga, perlu keterlibatan semua pihak agar berjalan optimal.

Dirinya menilai, peran aktif mahasiswa atau para akademisi diperlukan untuk penanganan Citarum secara ilmiah melalui penelitian. Bahkan rencana ini sudah merupakan komitmen bersama Kodam III/Siliwangi untuk mengajak seluruh mahasiswa terlibat.

’’Bukan hanya mahasiswa di ITB maupun perguruan tinggi lainnya untuk terlibat dalam proses Citarum Harum ini,” kata Aher usai menjadi Dosen tamu dalam Kuliah Perdana Awal Semester Sekolah Arsitektur kemarina (30/1).

Selain itu, keterlibatan pihak akademis bukan saja pada mahasiswanya tetapi pakar, dosen para profesor dari berbagai perguruan tinggi dapat memberikan buah pemikirannya mengenai Citarum.

Aher memaparkan, partisipasi oleh perguruan tinggi bisa diwujudkan dalam bentuk penelitian untuk membuat model perencanaan penanganan Citarum secara menyeluruh. Model ini, diharapkan bisa memberikan informasi terkait teknis penanganan Citarum ke depan.

“Jadi apa yang kita lakukan itu sesuai dengan apa yang kita inginkan, yang kita programkan untuk Citarum ke depan,” ujar Aher.

Selain itu, peran para mahasiswa diharapkan dapat mengangkat isu tentang Citarum dalam penelitiannya. Bahkan, Aher mengapresiasi kepada ITB yang berkomitmen mengangkat tema tentang Citarum untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswanya.

’’ Pak Rektor (ITB) juga sudah berkomitmen bahwa KKN tematik kita tahun ini kita akan mengenai topik-topik di seputaran Citarum,’’kata dia. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan