Adit Jadi Adik Angkat Dedi

BANDUNG – Tidak pernah terbesit dalam benak Aditya Maulana Sidik, 15, untuk jadi adik angkat seorang tokoh Jawa Barat. Warga Desa Cipago, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung itu menjadi adik baru budayawan Jawa Barat Dedi Mulyadi.

Mereka berdua dipertemukan dalam sebuah acara bertajuk ‘Sapa Ramadan’ di desa setempat, Minggu (4/6) malam. Adit, sapaan akrabnya, selalu terbata sangat mengeluarkan kata-kata.

Berdasarkan penuturan ibu­nya, Cucu Maryani, 41, kon­disi tersebut terjadi sejak dia kecil. Di saat anak seusianya sudah pandai berbicara, Adit masih mengalami kesulitan. ”Iya, dari kecil begini. Tapi, namanya ke anak ya, tetap sayang,” katanya.

Adit terlihat menikmati alunan musik religi yang tersaji dari atas pentas. Gerakan badannya yang energik menarik perha­tian budayawan Jawa Barat Dedi Mulyadi. Kemudian, pria yang lekat dengan iket Sunda itu membawa Adit naik ke atas panggung.

Suasana cair sontak men­ghiasi panggung tersebut. Adit menjawab beberapa perta­nyaan yang dilontarkan oleh Dedi Mulyadi dengan baik. Tepuk tangan ribuan warga terdengar riuh setiap kali pe­lajar Kelas 7 SLB Hikmat Buah Batu itu selesai menjawab.

”Malam ini menjadi malam kebahagiaan. Aditya berhasil menghadirkan kebahagiaan itu untuk kita semua. Untuk Adit, mau gak jadi adik saya?” kata Dedi.

Anggukan disertai rintih berat tanda kesediaan men­jadi jawaban Adit malam ter­sebut. Tidak banyak dialog yang terjadi di antara mereka. Kondisi Adit yang kesulitan berbicara menjadi faktor penyebabnya.

”Iya, mau,” singkatnya.Bungsu dari Lima bersau­dara itu kemudian tampak memeluk erat Dedi Mulyadi. Bahkan, sang ibu yang sejak tadi berlinang air mata di de­pan panggung pun ikut me­meluk mereka berdua.

Seorang Filantropi

Selama ini, mantan Bupati Purwakarta tersebut memang dikenal sebagai seorang fi­lantropi. Kedermawannya tampak saat dia bertemu dengan warga yang membu­tuhkan bantuan.

Berbagai jenis bantuan mu­lai dari hewan ternak sampai modal usaha pernah dia be­rikan. Banyak diantara pene­rima bantuan tersebut kini tengah sukses dan berhasil mengubah hidup.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan