Abujapi Tekankan Profesionalisme Tenaga Jasa Pengamanan

BANDUNG – Untuk mening­katkan pelayanan di bidang jasa pengamanan Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengama­nan Indonesia (Abujapi) men­ghimbau kepada seluruh anggota pengamanan harus memiliki sertifikasi.

Ketua Umum Abujapi BPD Jawa Barat sekaligus Ketua Pelaksana Kipnas 2018 Komaruddin Khalid menga­takan,

pelaku usaha di sektor ini harus meningkatkan mutu jasa pengamanan di Indone­sia secara profesional.

Sebab, kedepan perusahaan jasa pengamanan akan men­galami kompetensi ketat dengan sertifikasi profesi. Sehingga, perlu adanya so­sialisasi dan peningkatan profesionalitas kualitas jasa pengamanan di Indonesia.

Menurutnya, Abujapi adalah industri besar jasa pengama­nan di Indonesia yang mewa­dahi badan usaha jasa penga­manan. Untuk melaksanakan tugasnya pihaknya sudah menjalin mitra dengan Polri.

’’Iini untuk menghasilkan jasa pengamanan seperti Sa­tapam (Satuan Pengamanan) yang berkualitas dan tersertifikasi,’’jelas Komarudin ketika ditemui kemarin. (11/12).

Dia menegaskan, pentingnya jasa pengamanan yang ter­sertifikasi Abujapi bertujuan untuk meningkatkan keteram­pilan dan kompetensi Satpam. Sehingga, tenaga security memiliki daya saing terhadap kebutuhan pasar.

Untuk menghasilkan Satpam yang memiliki daya saing perlu pelatihan berjenjang khusus seperti pelatihan pra­tama, madya hingga utama.

”Satpam inikan tugasnya melindungi orang lain diling­kungan kerja, sebelum mel­indungi orang lain harus melindungi diri sendiri dengan pelatihan tadi. Tanpa pelati­han khusus satpam seperti itu akan tersisih dari pasar karena tidak mampu bersaing,” kata dia.

Komarudin memaparkan, Abujapi tidak hanya bergerak di bidang security guide (sat­pam) tetapi juga security de­vice, security training dan security consulting.

Untuk menjadi anggota Abu­japi pihaknyat telah mem­beri kemudahan bagi seluruh badan usaha jasa pengamanan di Indonesia karena semua sudah online dari registrasi hingga Kartu Tanda Anggota (KTA). (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan