80 Persen Proyek Belum Dilelang

NGAMPRAH – Sebanyak 80 persen proyek di Kabupaten Bandung Barat belum dilelang­kan hingga bulan Mei 2018. Saat ini, dari total proyek yang mencapai 202 paket, baru 40 paket yang selesai dilelangkan atau baru mencapai angka 20 persen. Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Ka­bupaten Bandung Barat mem­berikan batas waktu jadwal lelang maksimal hingga bulan Juli mendatang.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Bandung Barat Lucky Jamalu­din menyebutkan, secara total proyek yang masuk dalam ap­likasi Sistem Informasi Ren­cana Umum Pengadaan (SIRUP) pada LPSE Kabupaten Bandung Barat dengan pagu anggaran Rp337,1 miliar mencapai 2.000 proyek. Namun, yang harus dilelangkan sebanyak 202 proyek, sisanya merupakan penunjukkan langsung (PL) tanpa harus melalui lelang.

”Sampai bulan ini baru 40 paket saja yang sudah dile­langkan. Dari 40 paket itu, sebanyak 25 paket merupakan pengerjaan infrastruktur jalan. Saat ini sudah keluar SPK (surat perintah kerja) untuk 25paket jalan ini. LPSE sifat­nya menunggu pengajuan dari mereka yang akan mela­kukan lelang dan harapannya setiap dinas bisa mengajukan lebih cepat, apalagi sekarang akan menghadapi libur pan­jang lebaran,” katanya.

Bagi dinas yang mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat agar secepat­nya mengajukan lelang. Bebe­rapa dinas yang mendapatkan DAK seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pe­kerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Dinas Per­tanian. ”Untuk DAK tahun ini tidak lebih dari 10 paket. Khu­sus DAK memang ada jadwal­nya yang sudah ditentukan, jika terlambat mengajukan bisa gagal dikerjakan,” katanya.

Sementara, tahun ini yang mendapatkan bantuan guber­nur (bangub) cukup besar yakni Dinas Perhubungan un­tuk pembangunan Gedung Unit Pengujian Kendaraan yang berlokasi di Cikamuning Ke­camatan Padalarang dengan luas 1 hektare.

”Itu bantuan dari provinsi sebesar Rp 14 miliar yang akan dibangun di tahun ini. Dari pihak dishub juga sudah mengajukan untuk melaks­anakan lelang,” paparnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan