22 Instansi Raih Kopablik 2018

Sementara itu, Direktur Operasional JIPO Suhendrik mengatakan, Biro Organisasi dan JIPO sudah bekerja sejak akhir Februari lalu untuk menentukan personel tim juri. Mereka yang ditunjuk sebagai penilai berasal dari kalangan profesional dan akademisi. Pria yang akrab disapa Hendrik ini menegaskan, tim juri sangat hati-hati dan netral dalam menilai serta menyaring proposal.

“Masing-masing juri dibagi tugas menilai proposal. Setiap menilai, juri memberi catatan perbaikan kepada inovator,” jelas Hendrik.

Proposal yang sudah dinilai, kata dia, dikembalikan kepada para inovator di perangkat daerah yang mengirimkan. Kemudian, mereka diminta untuk memperbaiki kembali proposalnya. Sesuai dengan catatan perbaikan yang diberikan tim penilai. Proposal tersebut lalu dikembalikan lagi kepada panitia.

“Direvisi kembali oleh mereka. Agar mereka tahu di mana letak kekurangan penyajian proposalnya,” tuturnya.

Hendrik menjelaskan, kemasan dan penulisan proposal sangatlah penting. Mengingat, sinovik yang dibuat perangkat daerah dituangkan dalam bentuk tulisan, grafik, gambar, dan data pendukung lainnya. Sehingga, sajian itu harus dapat dimengerti oleh tim juri. “Bisa jadi sinovik yang digagas sudah sangat bagus. Tapi karena penyajian proposalnya tidak sistematis, maka bisa jadi juga tidak menang. Padahal sinovik-nya bagus sekali. Kan sayang kalau sampai begitu,” ujarnya.

Kompetisi ini sebagai ajang latihan dalam menghadapi lomba inovasi pelayanan publik (sinovik) yang akan digelar Kementerian PAN-RB. Kendati demikian, Biro Organisasi dan JIPO tidak asal menggelar lomba kopablik. Rancangan lomba ini sudah disusun sedemikian rupa, mengacu pada sejumlah aturan yang dikeluarkan Kemen PAN-RB.

“Ada petunjuk pelaksanaannya. Ada dasar acuannya. Diharapkan, para peserta dapat terbiasa dalam menghadapi lomba sinovik ini, yang digelar setiap tahun,” katanya. (and)

10 JUARA DILINGKUP PEMPROV JABAR

  1. Biro PengendalianPembangunan
  2. Dinas Perkebunan
  3. Dinas Tanaman dan Holtikultura
  4. Badan Pendapatan Daerah (Bapeda)
  5. Dinas Perkebunan UPTD Balai Proteksi
  6. Dinas Perdagangan dan Perindustrian
  7. DP3AKB
  8. Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan
  9. Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral
  10. Dinas Kelautan dan Perikanan.

 

10 JUARA INSTANSI DI TINGKAT KABUPATEN/ KOTA

  1. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu
  2. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung
  3. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung
  4. RSUD Kota Bogor
  5. UPTD Puskesmas Padaherang Kabupaten Pangandaran
  6. BKPSDA Kota Bogor
  7. DPMPTSP Kota Bogor
  8. Kelurahan Mekaraya Kota Depok
  9. DP3A Kabupaten Karawang
  10. Disdagkoperin Kota Cimahi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan