Vettel Juara GP Hungaria, Ferrari Kuasai Podium

jabarekspres.com – Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, tampil impresif dengan memenangi balapan Formula 1 Grand Prix Hungaria. Hebatnya lagi, Ferrari mendominasi podium setelah Kimi Raikkonen finis di posisi kedua.

Vettel menyelesaikan balapan di posisi paling depan di Sirkuit Hungaroring, dengan unggul satu detik di depan Raikkonen. Sementara, pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, melengkapi podium dengan finis di posisi ketiga. Rekan Bottas di Mercedes, Lewis Hamilton harus puas di urutan keempat.

Sejak start, duo Ferrari memang sudah melesat terdepan jelang tikungan pertama. Sementara, pembalap Red Bull, Max Verstappen, melakukan start yang bagus dan berusaha merangsek ke posisi ketiga. Tapi pemuda asal Belanda itu didorong keluar oleh Bottas di tikungan pertama.

Akibatnya, Verstappen kehilangan momentum saat menuju Tikungan 2, dan Ricciardo mengambil sisi luar rekan setimnya tersebut. Namun, Verstappen mengalami understeer dan menabrak sisi kiri mobil Ricciardo.

Verstappen masih bisa melanjutkan balapannya, tapi mobil Ricciardo terlihat mengeluarkan cairan. Pembalap asal Australia itu kemudian melintir di Tikungan 3, memaksa banyak pembalap melakukan manuver menghindar. Ricciardo akhirnya tersingkir dan mobil Safety Car pun diterjunkan.

Balapan kembali dilanjutkan pada putaran keenam. Verstappen langsung mendapat ancaman dari Hamilton dalam perebutan posisi keempat. Kabar buruk menimpanya beberapa putaran kemudian. Setelah dilakukan investigasi, pengawas balapan mengganjar Verstappen dengan hukuman tambahan waktu 10 detik karena bersalah dalam insiden dengan Ricciardo.

Memasuki putaran ke-15, Ferrari masih menguasai dua posisi terdepan. Vettel membangun jarak keunggulan 3,3 detik di depan Raikkonen yang berada 5 detik di depan Bottas. Perlahan-lahan, Raikkonen memangkas ketertinggalannya menjadi 1,8 detik di belakang Vettel yang melaporkan adanya masalah setir.

Vettel melakukan pitstop pada putaran ke-33, sementara Raikkonen pada satu putaran berikutnya. Saat bergabung kembali ke lintasan, Raikkonen hanya terpaut satu detik di belakang Vettel.

Masalah setir yang dialami Vettel membuat Raikkonen tertahan dan duo Mercedes mulai mendekat. Vettel mendapat instruksi dari timnya untuk sebisa mungkin menghindari kerb lintasan.

Pada putaran ke-45, Bottas memberikan jalan kepada Hamilton yang kini berusaha mengejar duo Ferrari. “Jika saya tidak bisa menyalip mereka [Ferrari], saya akan memberikan posisi ini kembali,” janji Hamilton kepada timya, dan Bottas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan