Tohir: Selain Bangga Juga Hati-hati

jabarekspres.com, BANDUNG – Mantan pelatih Maung Bandung, Indra Tohir memberikan tanggapan terkait suksesnya Pangeran Biru mendatangkan Michael Essien sebagai marquee player pada Liga 1 mendatang

Mantan pemain legendaries 1980-an itu menyebutkan jika kreatifitas Persib akan makin bertambah dengan hadirnya Essien. Dia pun yakin jika Maung akan dapat tetap menjuarai kasta tertinggi kompetisi di tanah air.

Meski demikian pelatih berhasil membawa tim Persib menjuarai Liga Indonesia I (Liga Dunhill) ini pun mewanti-wanti Persib. Meski bangga karena keberhasilannya mendatangkan pemain kelas dunia, Persib diminta harus hati-hati mendatangkan pemain yang kini tengah di elu-elukan itu.

”Dari hasil Piala Presiden 2017 kemarin Persib tidak terlalu jelek. Namanya main bola ada memasukkan dan kemasukan. Sekarang Persib punya kreatifitas dengan mendatangkan Essien,” jelas Indra Thohir di sela-sela menghadiri undangan pernikahan Dedi Kusnandar, Minggu kemarin.

Kehawatiran itu, lantaran melihat performa Ession saat tampil di klub dunia kerap mengalami cedera. ”Maaf-maaf saja selain harus bangga, ya harus hati-hati juga karena tidak tahu riwayat cedera seperti apa,” sambungnya.

Meski begitu ia berharap nama besar yang dibawa pemain asal Ghana berbanding lurus dengan kontribusinya untuk membawa nama Persib berjaya.

”Harus menambah kekuatan bagi Persib. Kalau tidak kan percuma. Tapi bagaimana pun juga Persib tetap berpeluang untuk menjadi juara liga dan harus bisa juara,” pungkasnya memberi motivasi.

Tak hanya Indra Tohir yang memberikan komentar atas kehadiran Essiens, duta Manchester United, Denis Irwin pun turut berkomentar. Irwin mengaku cukup terkejut dengan keputusan Essien, yang memilih bermain di Indonesia. Sebab, Essien merupakan salah satu gelandang Afrika, yang punya karier mengilap di Eropa, khususnya Inggris. Dia pernah mengecap juara Liga Champions bersama Chelsea.

”Selama kariernya, Essien punya catatan yang bagus bersama Chelsea. Dia adalah gelandang yang hebat dengan gaya main bertenaga,” kata Irwin.

”Ketika datang ke Indonesia, saya memang cukup terkejut. Tetapi, itu bagus baginya,” lanjut dia.

Datangnya Essien ke Persib, diungkapkan Irwin, menjadi tolak ukur bahwa sepakbola Indonesia sebenarnya punya daya tarik bagi seluruh pemain. Pria yang pernah mengantarkan MU meraih treble winners di musim 1998/99 tersebut menganggap kualitas sepakbola nasional sudah meningkat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan