Tiga Daerah Bermasalah, 89 Ribu Orang Belum Rekam e-KTP

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Tiga daerah di Jawa Barat yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) harus segera menuntaskan urusan administrative. Sebab jelang pemungutan suara, perekaman e-KTP di tiga kawasan belum tuntas.

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, saat ini daerah yang melaksanakan Pilkada seperti Kota Cimahi, Tasikmalaya dan Bekasi. Dia mencatat, Kabupaten Bekasi masih ada 118.287 daftar pemilih yang hingga pekan ini belum melakukan perekaman e-KTP

”Jumlah ini sangat tinggi, kami meminta agar Pemkab Bekasi memantau secara ketat agar perekaman bisa tuntas sebelum pencoblosan,” jelas Iwa dalam rapat membahas kesiapan logistik hingga situasi dan kondisi keamanan Pilkada, di Gedung Sate, kemarin (20/1).

Menurutnya, jumlah tersebut sangat tinggi. Makanya, dia meminta kepada Pemkab Bekasi agar memantau secara ketat agar perekaman bisa tuntas sebelum pencoblosan.

Bahkan harus bergerak cepat dengan memerintahkan camat untuk menjemput bola. Selain itu, di Bekasi juga proses pergantian antar waktu (PAW) dua anggota DPRD Bekasi belum rampung seluruhnya. Sebab, dari dua anggota DPRD yang maju dalam Pilkada 2017 yakni Abdul Kholid (PKB) dan Iin Panihin (PBB) baru Abdul yang tengah diproses calon penggantinya.

”Saudara Iin belum, rapat meminta agar usulan PAW yang bersangkutan segera diproses,” katanya.

Sementara untuk Kota Cimahi dari sisi daftar pemilih yang berjumlah 375.722 pemilih menurut Iwa sudah tidak ada masalah. Persoalan di Cimahi hanya posisi Atty Suharti yang dalam Pilkada ini mengajukan cuti kampanye dan akan habis pada 11 Februari mendatang. Menurut aturan kembali menjabat sebagai Wali Kota Cimahi.

”Ini perlu diantisipasi. Sebab, yang bersangkutan ada kasus hukum dan sedang menjalani tahanan maka tidak boleh menjalani kewenangannya, sementara pemerintahan tidak boleh vakum. Oleh karena itu, posisi Plt Wali Kota Cimahi yang saat ini dijabat Wakil Wali Kota akan diperpanjang tapi ini akan dibahas lebih lanjut,” paparnya.

Untuk Kota Tasikmalaya, persoalan daftar pemilih yang belum melakukan perekaman e-KTP juga masih terjadi di mana 928 orang masih belum merekam.

Selain itu, rapat juga memastikan Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman yang mengajukan cuti kampanye akan kembali menjabat 12 Februari mendatang.  ”Seperti tercantum dalam syarat Mendagri bahwa pada akhir tugas plt dilakukan acara serah terima nota singkat pelaksanaan tugas kepada bupati walikota petahana di masing-masing, jadi pak Abbas Basari (Plt) menyerahkan lagi ke petahana,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan