SMK PI Semangat Menyatukan Keberagaman

jabarekspres.com, BANDUNG – Peringatan Hari Sumpah Pemuda menjadi ajang pemersatu pemahaman masyarakat Indonesia tentang kebhinekaan. Keberagaman budaya yang dimiliki menjadikan Indonesia kaya. Hal inilah yang melatar bekangi SMK Prakarya Internasional (PI) melakukan Kirab Budaya bernama Bandung Highschool Arts Festival 2017 beberapa waktu lalu sebagai Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Dalam Kirab Budaya tersebut, ribuan siswa dari SMK PI maupun siswa setingkat SMP memakai pakaian adat dari berbagai macam suku. Mulai pakaian adat Aceh hingga Papua.

Adapun rute yang dilalui oleh para rombongan kirab, meliputi Kampus 3 SMK Prakarya Indonesia di Jalan Pelindung hewan (inhoftank) sebagai titik awal parade, kemudian menuju Jalan H Kurdi, Jalan Moh Toha, Jalan BKR (melintasi museum Sri Baduga), dan kembali ke Jalan Pelindung hewan ke kampus 2 SMK Prakarya

Kepala Sekolah SMK PI Agus Tubagus Azis mengatakan, gagasan Kirab Budaya ini untuk mengajak masyarakat memahami dan memperingati Hari Sumpah Pemuda. Dalam Sumpah Pemuda, Indonesia dipersatukan.

”Kami meggelar upacara ini, untuk menghidupkan semangat sumpah pemuda di masyarakat,” ujar Kepala SMK PI Agus.

Menurut dia, Peringatakan Sumpah Pemuda dengan kirab budaya dan pakaian adat ini baru pertama dilaksanakan. Dia berharap, pihaknya setiap tahun bisa menggelar peringatan ini dan lebih meriah lagi. (fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan