Smartfren Dorong Internet Positif

bandungekspres.co.id, JATINANGOR – Maraknya hoax atau informasi palsu di Indonesia pengaruh besar terhadap berbagai kalangan. Walhasil, banyak masyarakat yang terprovokasi akibat kabar bohong itu.

Menyikapi fenomena yang ada, PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) headquarters menyosialisasikan gerakan antihoax di Fikom Unpad Jatinangor bertemakan Strategi Komunikasi di Tengah Maraknya Hoax.

Wakil Dekan 1 Fikom Unpad Jatinangor Dr Dadang Sugiana meyakini, mengubah cara berkomunikasi di sosial media merupakan strategi penting dalam menghadapi hoax.

Dia berpandangan, hoax berdampak masif. Sebab, orang jadi pro-kotra, teman menjadi musuh, atau malah sebaliknya akibat informasi yang tidak tersaring tersebut. ”Hoax tak dapat dihindari karena selalu ada,” tutur Dadang di hadapan para mahasiswa Fikom Unpad Jatinangor, kemarin (9/3).

Dadang menilai, hoax saat ini tidak hanya menggurita di sosial media. Bahkan, beberapa di antaranya sudah meracuni media massa. ”Kondisi ini juga terjadi di negara-negara di dunia. Untuk menangkalnya, pers peran penting untuk menyajikan pemberitaan yang benar, sesuai fakta, dan berimbang,” paparnya.

Sementara itu, Head Of Community Development & CSR Seno Pramuadji mengatakan, seminar di Unpad Jatinangor merupakan kegiatan ke tujuh dilaksanakan. Sebelumnya, kegiatan serupa juga digelar di beberapa universitas. Di antaranya Jawa Tengah, Bali dan Bandung.

”Smartfren ini membawa misi bagaimana mahasiswa menjadi memahami berita yang benar,” kata Seno, kemarin.

Tidak hanya itu, Smartfren juga mendorong misi bagaimana bisa jadi inspirasi para pemuda khususnya mahasiswa di Unpad sebagai generasi muda 4 G. Dia berpandangan, lingkungan kampus dan sekolah sebagai pengguna internet harus mengetahui dampak negatif dari internet itu sendiri. ”Dengan begitu, mahasiswa atau pelajar bisa menggunakan internet dengan positif,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga mewadahi mahasiswa yang ingin berkontribusi positif terhadap wilayahnya melalui Smartfren Community yang telah hadir di 33 kota.

Tingginya minat masyarakat Indonesia untuk mengakses internet melalui ponsel pintar, menjadi dasar bagi, PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi berbasis teknologi 4G LTE Advanced.

Di samping itu, pihaknya juga memperkenalkan program promo Gratis Internet Setahun (GIS) serta tiga perangkat baru berteknologi 4G, yaitu Andromax L dan Andromax B, serta Andromax MiFi M3S di awal 2017. (kos/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan