Sisakan 30 Ton Sampah

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Kesadaran mayoritas kesadaran warga untuk membuang sampah kepada tempatnya masih sangat rendah. Termasuk saat perayaan malam tahun baru di Kota Bandung. Total sebanyak 30 ton sampah berhasil dibersihkan.

Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung Denny Nurdiana mengatakan, sampah tersebut ditarik dari beberapa titik di Kota Bandung. Di antaranya kawasan Asia Afrika, Braga dan Alun-alun Kota Bandung.

”Dari jam 9 malam tanggal 31 Desember 2016 sampai jam 5 pagi tanggal 1 Desember 2017 diperkirakan mencapai 30 ton,” kata Denny, kemarin (1/1).

Denny menjelaskan, PD Kebersihan Kota Bandung mengerahkan 105 armada yang terdiri dari mobil penyapu sampah, motor, dan truk untuk mengangkut sampah sisa-sisa perayaan malam Tahun Baru 2017. Dari total ada 105 armada yang dikerahkan, Dinas Kebersihan Kota Bandung juga menurunkan sekitar 800 orang petugas kebersihan.

Menurut dia, armada dan petugas kebersihan tersebut disebar di tujuh titik atau kawasan yakni Alun-alun Bandung, sepanjang Jalan Otto Iskandardinata Kota Bandung, area Lapangan Gasibu, kawasan Alun-alun Ujung Berung, kawasan Dago, kawasan Pasteur hingga Setiabudi dan kawasan Jalan Sudirman hingga Cibeureum.

”Ya bisa dikatakan tidak tertib dalam hal membuang sampah, contohnya di Jalan Braga Pendek Kota Bandung, itu sampah hampir berserakan di mana-mana,” urainya.

Lebih lanjut ia menyatakan volume sampah di Kota Bandung, seperti di kawasan Alun-alun, Jalan Asia Afrika dan Jalan Braga mengalami peningkatan hingga 300 persen jika dibandingkan hari biasa saat perayaan malam tahun baru 2017.

Sementara itu, jelang perayaan tahun baru masyarakat juga untuk mengikuti muhasabah dan doa bersama 2016 di Masjid Raya Bandung.

Terlihat Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial, Ketua MUI Kota Bandung KH Miftah Faridl serta sejumlah tokoh lainnya. Tausiah disampaikan oleh dai Asep Sudarman atau Asep Anom.

Asep Anom dalam tausiahnya mengatakan, memasuki tahun baru 2017 para  jemaah untuk terus membenahi diri. Apa yang terjadi hari ini harus lebih baik dibanding tahun lalu.

”Kalau kita tidak bisa mengubah sifat dan kebiasaan di tahun 2016, mustahil kita bisa menjadi lebih baik,” katanya dalam tausiahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan