Sebastian Vettel Raih Pole Position di GP Meksiko

otobandung.com – Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, berhasil meraih pole position di GP Meksiko yang akan digelar pada Senin (30/10) dini hari WIB. Dalam kualifikasi pada Minggu (29/10) dini hari WIB, Vettel mencatat waktu tercepat 1 menit 16,488 detik.

Bagi Vettel, ini merupakan pole ke-50 sepanjang kariernya di F1. Dia menjadi pembalap F1 keempat yang mampu menembus pole 50 kali atau lebih. Tiga pembalap lainnya adalah Lewis Hamilton (72 pole), Michael Schumacher (68 pole), dan Ayrton Senna (65 pole).

Sementara itu, Hamilton hanya mampu berada di P3 dengan catatan waktu 1 menit 16,934 detik. P2 direbut pembalap Red Bull, Max Verstappen, dengan torehan waktu 1 menit 16,574 detik.

Vettel memang mendominasi dalam kualifikasi dan menunjukkan performa gemilang. Dia pun berjanji akan tampil all out pada balapan nanti untuk bisa berada di podium pertama. Vettel tak peduli peluang menjadi juara dunia kecil karena Hamilton tinggal menunggu waktu saja untuk meraih titel juara dunia pembalap F1 2017.

Saat ini Hamilton berada di puncak klasemen pembalap dengan 331 poin. Sedangkan Vettel di posisi kedua dengan 265 angka. Artinya, dalam 3 seri tersisa, Hamilton hanya butuh 10 poin saja untuk bisa menjadi juara dunia. Dengan tambahan 10 poin, koleksi angka Hamilton menjadi 341.

Sementara itu, meski Vettel selalu juara pada tiga seri tersisa, poin maksimal yan dia dapat hanya 340 yang berasal dari 265 ditambah 75. Berdasar itu, andai Hamilton hanya mampu berada di posisi 5 pada GP Meksiko, Senin (30/10) dini hari WIB, dia dipastikan menjadi juara dunia F1 2017. Dalam penghitungan poin di F1, podium pertama mendapat 25 poin, kedua 18 angka, ketiga 15 poin, keempat 12 poin, kelima 10 angka, dan seterusnya.

“Saya jelas senang bisa meraih pole di GP Meksiko. Lintasan sangat menyulitkan dan licin. Saya harap bisa finis pertama dan itu akan membanggakan. Sebelumnya saya belum pernah menang di Meksiko,” jelas Vettel seperti dilansir Formula1.com.

“Saya tak peduli terkait peluang menjadi juara dunia. Saat ini Hamilton yang mengontrolnya. Pastinya, saya hanya ingin tampil dengan kemampuan terbaik dan sebisa mungkin naik podium pertama. Ferrari harus mendapatkan hasil terbaik di Meksiko,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan