Prolanis, Program Penanggulangan Penyakit Kronis dan Sarana Silaturahmi

jabarekspres.com, BANDUNG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebagai penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), terus berusaha meningkatkan pelayanannya. Salah satunya, dengan membuat program Prolanis. Prolanis atau Program Pengelolaan Penyakit Kronis, bertujuan untuk mencegah penderita penyakit kronis agar tidak terjadi komplikasi lanjutan. Proram ini melibatkan PPK tingkat I, Pegawai BPJS sendiri dan peserta BPJS. Penyakit kronis yang sering di alami oleh anggota masyarakat dan menjadi sasaran dari program prolanis ini adalah Psikozofenia atau gangguan jiwa, Hipertensi, Diabetes Mellitus (DM), Stroke, Lupus dan Asma.

Salah satu Peserta program Prolanis yakni Subki dan Ening dari Puskesmas Talaga Bodas. Pasangan suami-istri ini, terdaftar sebagai peserta prolanis diabetes mellitus (DM). “Alhamdulillah enak sekarang mah, obat tiap bulan dikirim ke rumah, setiap bulan gratis check-up di pramitha,” tutur Ening.

”Sebulan sekali juga ada penyuluhan kesehatan dari puskesmasnya, terakhir tentang nyamuk,” imbuhnya.

Prolanis memberikan manfaat kesehatan berupa pengobatan dan pengecekan laboratorium setiap bulannya bagi peserta prolanis. Selain itu, penyembuhan secara psikis juga dilakukan dalam prolanis, seperti senam yoga, dan sebagainya yang merupakan hal yang penting juga bagi penanggulangan penyakit peserta. ”Setiap hari Rabu dan Jumat, kita kumpul dan ada senam, kalau hari Jumat senamnya di Taman Pers,” tambah Subki.

Subki dan Ening berharap kegiatan untuk peserta Prolanis di Puskesmas lebih banyak dan beragam lagi, juga dapat berlangsung dengan sebaik-baiknya. ”Senenglah kita mah jadi ada kegiatan dan menambah pengetahuan, sekalian bersilaturahmi juga bersama teman-teman,” tutup Ening. (rohim/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan