Program P2WKSS Tingkatkan Peranan Wanita di Keluarga

jabarekspres.com – PROGRAM Terpadu Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Kota Bandung Tahun 2017 dilaksanakan di RW 07 Kelurahan Kopo Kecamatan Bojongloa Kaler, Kota Bandung.

Di kelurahan ini, 100 ibu-ibu dan remaja putri diberikan peningkatan pendidikan, pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan nilai tambah dan kesejahteraan keluarga. Program ini dalam rangka meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan guna mewujudkan keluarga berkualitas.

“Sasaran pembinaan yaitu 100 KK miskin yang berada di lokasi dengan tujuan agar terjadi peningkatan kesejahteraan dengan indikator perbaikan sarana dan prasarana, lingkungan dan perubahan perilaku,” kata Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Bandung, Atalia Praratya Kamil.

Program P2WKSS dilaksanakan melalui pendekatan lintas bidang pembangunan yang terkait dan lintas program secara terintegrasi di tingkat Kota Bandung, kecamatan dan kelurahan. P2WKSS dilaksanakan dengan memanfaatkan petunjuk teknis yang relevan dengan tetap mempertimbangkan potensi dan karakteristik kondisi daerah.

“P2WKSS dilaksanakan dengan menggunakan dan mengoptimalkan berbagai sumber daya yang tersedia baik dari pemerintah, dunia usaha, gerakan, LSM dan masyarakat,” kata dia.

Operasionalisasi kebijakan P2WKSS diprioritaskan pada kelurahan rawan sosial ekonomi, kesehatan dan pendidikan. Caranya dengan meningkatkan komitmen melalui perencanaan program dan anggaran sektor terkait. “Yang terpenting memfasilitasi dan melakukan advokasi untuk membangun kemandirian masyarakat dalam pelaksanaan program terpadu P2WKSS,” jelasnya.

Hal itu dilakukan dengan beragam cara. Di antaranya penyuluhan kesehatan dasar dan gizi ibu dan anak, termasuk di dalamnya Posyandu, peningkatan pemasyarakatan Dasa Wisma, pengelolaan keuangan keluarga dan kewirausahaan, pemantapan 10 program pokok PKK, penyuluhan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan.

“Ada pula pemantapan wawasan kebangsaan, pendidikan karakter dan pekerti bangsa. Pemahaman ini juga penting. Bagian dari tugas PKK,” ujarnya.

Program terpadu P2WKSS dilaksanakan dan dikembangkan sebagai upaya bersama dengan semangat gotong royong, saling membantu dan penuh rasa kekeluargaan dan kesetiakawanan antar OPD dan Pemerintah Kota Bandung, maupun antara SKPD, Tim Penggerak PKK, organisasi masyarakat dan masyarakat sendiri sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan