Pilgub, Isu Sara Masih Seksi

jabarekspres.com, BANDUNG – Indo Barometer memprediksi sektarian masih jadi isu seksi dan jadi salah senjata pamungkas rival politik untuk menyerang Ridwan Kamil. Lantaran, jika diserang dari aspek kinerja dan isu lainnya dinilai kurang mumpuni, selama ini wali kota Bandung itu menunjukkan kinerja dan prestasi yang sangat baik.

”Saya kira isu sara atau sektarian masih seksi oleh lawan-lawan politik Ridwan Kamil, karena mau diserang isu kinerja dan lainnya sepertinya akan sulit bagi mereka. Jadi, ya mereka tentu akan memilih isu ini,” tutur Hadi Suprapto Rusli, peneliti senior dari Indo Barometer kepada Jabar Ekspres, kemarin (26/11).

Meski demikian lanjutnya, isu sektarian yang akan menyerang Ridwan Kamil akan berbeda jika dibanding yang menyerang Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta lalu. Ridwan Kamil lahir dan besar dari kalangan santri dan cukup agamis serta asli putra daerah. ”Saya pikir isu sektarian Ridwan Kamil akan berbeda dengan Ahok nantinya,” jelasnya.

Sepertinya terang Hadi, isu sektarian yang akan menggoreng Ridwan Kamil oleh rival politiknya itu lebih ke aspek partai yang mendukung Ridwan Kamil. Selebihnya baru sosok pribadi Ridwan Kamil ini. “(Isu) yang lainnya belum kelihatan mau diserang dari sisi apa, tetapi isu sektarian jelas akan menyerang Ridwan Kamil,” terangnya.

Selain itu, mengingat partai yang mendukung Ridwan Kamil rata rata merupakan partai yang menyetujui Undang-Undang Organisasi Masyarakat diberlakukan. Sedangkan, partai yang mendukung rival politik Ridwan Kamil salah satunya, partai di parlemen yang mendukung Deddy Mizwar merupakan partai yang tidak setuju atas UU Ormas ini.

Adapun soal isu kinerja Ridwan Kamil yang dinilai sulit untuk “menggoreng” atau melawan RK oleh para rival politiknya ini memang benar, karena bagaimana pun aspek yang akan diserang dari aspek kinerja RK hal ini justru akan berbalik melawan rival politiknya. ”Kalau rival politik lawan Ridwan Kamil dengan isu kinerja sepertinya akan kalah,” katanya.

Sebagaimana hasil penelitian atau survei Indo Barometer beberapa waktu lalu menunjukkan masyarakat sangat puas terhadap kinerja Ridwan Kamil sebesar 41,7 persen, ditambah dengan tingkat kesukaan masyarakat Ridwan Kamil masih bertengger di posisi pertama yaitu, 90.1 persen. ”Dan Ridwan Kamil pun dinilai masyarakat sebagai bakal calon Gubernur Jabar yang paling sesuai dengan warga Jabar,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan