Peringati May Day, BPJS Kesehatan Cimahi Gelar Pemeriksaan Gratis

jabarekspres.com, CIMAHI – Memperingati Hari Buruh (May day) sedunia tahun 2017, buruh di Kota Cimahi yang tergabung dalam beberapa Serikat Pekerja memilih berkumpul di halaman Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi, guna mengikuti berbagai kegiatan Puncak peringatan Hari Buruh Internasional tahun 2017 di Kota Cimahi.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Pemkot Cimahi (Disnaker), Apindo Kota Cimahi, dan seluruh elemen Serikat Pekerja di Kota Cimahi

Salah satunya yang diminati buruh adalah layanan pemeriksaan kesehatan secara gratis disediakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Cimahi. Selain itu, juga digelar aksi donor darah bekerjasama dengan PMI Kota Cimahi. Pemeriksaan kesehatan yang difasilitasi Rumah Sakit Umum Kasih Bunda Cimahi ini menyediakan layanan cek gula darah, pengukuran tensi dan konsultasi.

Buruh yang antusias pun harus mengantre untuk mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan. Peringatan May Day tahun ini lebih banyak diisi dengan aksi sosial. Hal tersebut dilakukan agar pada hari buruh tersebut memberi manfaat yang lebih bagi semua buruh dan masyarakat.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Yudha Indrajaya mengatakan, pihaknya ikut berkontribusi dalam menyemarakkan May Day. “Kami sediakan pemeriksaan kesehatan gratis, berupa pemeriksaan gula darah dan tensi darah,” ujarnya, ditemui di lokasi.

Dengan ikut berkontribusi pada kegiatan tersebut, lanjut Yudha, juga menjadi upaya menarik kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Apalagi, belum semua buruh di Kota Cimahi bergabung sebagai peserta. “Sejauh ini mayoritas perusahaan sudah bergabung dengan BPJS Kesehatan. Manfaat kesehatannya lengkap, mulai dari yang ringan sampai jantung bisa dicover,” tuturnya.

Pada kesempatan ini pula Yuda mengajak, kepada seluruh perusahaan dan pekerja yang belum terdaftar di BPJS Kesehatan untuk segera mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS. “Sejauh ini, kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi yang meliputi Kota Cimahi, dan Kab. Bandung Barat sudah menyerap 1.340.597 juta jiwa. berdasarkan data hingga 30 April 2017. Saya berharap seluruh buruh di Kota Cimahi ikut bergabung dalam BPJS Kesehatan,” pungkasnya. (zis)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan