Pemkot Bandung Optimalkan Tiga Sarana Pengaduan & Layanan Gawat Darurat

Laporan dianggap selesai apabila sudah terdapat tindak lanjut dari instansi Kementerian/Lembaga pada laporan, dan telah berjalan 10 hari kerja setelah tindak lanjut dilakukan tanpa adanya balasan dari pelapor maupun administrator LAPOR! di halaman tindak lanjut.

cara kerja lapor

  • FITUR
  1. Tracking ID LAPOR!. Tracking ID LAPOR! merupakan sebuah kode unik yang secara otomatis melengkapi setiap laporan yang dipublikasikan pada situs LAPOR!. Tracking ID dapat digunakan pengguna untuk melakukan penelusuran atas suatu laporan.
  2. Anonim dan Rahasia. Fitur anonim tersedia bagi pelapor untuk merahasiakan identitasnya, sedangkan fitur rahasia dapat digunakan untuk membatasi akses atas laporan hanya bagi pelapor dan instansi terlapor. Kedua fitur ini dapat digunakan untuk pelaporan isu-isu sensitif dan sangat pribadi.

 

2. X-IGENT PANIC BUTTON

Logo x-igent-panic-button -Guna mengatasi kriminalitas atau kondisi darurat lainnya, pemerintah Kota Bandung membekali warganya dengan aplikasi darurat save our souls (SOS) Panic Button. Jika icon SOS di layar ditekan pada kondisi darurat, aplikasi akan menampilkan peta lokasi TKP (Tempat Kejadian Perkara) di Bandung Command Center.

Kemudian operator melakukan verifikasi data pelapor atau keluarga terdekat. Operator kemudian akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk segera menuju TKP dan melakukan tindakan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) kepolisian. Aplikasi Panic Button dapat diunduh secara gratis di Google Playstore untuk smartphone berbasis Android.

Di Bandung Command Center sendiri, aplikasi web Panic Button untuk menerima laporan warga stand by 24 jam setiap harinya. Alarm akan berbunyi dari aplikasi tersebut, apabila ada laporan masuk. Flowchart Tata Cara Penggunaan Panic Button

Screenshot Aplikasi Panic Button Mobile
Screenshot Aplikasi Panic Button Mobile
Screenshot Aplikasi Panic Button Website
Screenshot Aplikasi Panic Button Website
  1. CALL CENTER 112

logo 112 -Di Amerika Serikat, Emergency Call 911 sudah sangat mendunia, sementara Indonesia sendiri baru kali ini akan memiliki emergency call secara nasional. Emergency call versi Indonesia adalah 112.

Dalam peluncurannya di seluruh Indonesia Kementerian Komunikasi dan Informatika menandatangani surat kesepakatan untuk menunjang dan mendukung rencana pemerintah pusat dalam menyukseskan program one emergency call yaitu 112 secara nasional salah satunya dengan Kota Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan