Pembangunan Wilayah Selatan

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Pemkab Bandung Barat terus memaksimalkan perbaikan infrastruktur untuk wilayah selatan.

Perbaikan infrastruktur jalan menuju Curug Malela di Kecamatan Rongga.

Ditargetkan selesai akhir Oktober ini, perbaikan jalan di selatan KBB ini didanai oleh PT PLN sebagai bagian dari pembangunan PLTA Upper Cisokan.

Bupati Bandung Barat Abubakar mengungkapkan, akses menuju Curug Malela menjadi perhatian pemerintah. Sampai saat ini pihaknya terus menggenjot agar pembangunan bisa tuntas.

Dia menyebutkan, perbaikan infrastruktur jalan menuju Curug Malela terbentang sepanjang 22,4 km dengan anggaran sebesar Rp 17,6 miliar.

“Sekarang sudah masuk tahap ke-3 yang didanai oleh PT PLN dalam megaproyek Upper Cisokan,” ujar Abubakar di Ngamprah, kemarin.

Abubakar menuturkan, perbaikan infrastruktur jalan menuju Curug Malela terdiri atas 4 ruas, yakni Jalan Rongga-Cipari 12,2 km senilai Rp 8,2 miliar, Jalan Pasirbadak-Cimarel 3.7 km senilai Rp 3,03 miliar, Jalan Narogong-Bojong 3,6 km sebesar Rp 2,5 miliar, Jalan Cicadas 1,9 km senilai Rp 1,8 miliar, dan Jalan Cicadas-Curug Malela 2,2 km.

Sementara itu, pembangunan jalan tahap keempat senilai Rp 44,2 miliar ditargetkan untuk dikerjakan pada Maret tahun depan.

Saat ini, perbaikan jalan tahap empat ini sudah memasuki detail engineering design (DED) dan akan segera dilelangkan.

“November-Desember akan dilelangkan, dan sekitar Januari-Februari akan kontrak. Jadi, Maret nanti mudah-mudahan sudah mulai pelaksanaan,” katanya.

Secara keseluruhan, Abubakar mengungkapkan, total dana perbaikan infrastruktur jalan dari PT PLN untuk proyek Upper Cisokan ini sebesar Rp 225 miliar. Hingga Desember 2016, sudah terealisasi Rp129,4 miliar. Sementara itu, perbaikan jalan dimulai pada 2013 dan ditargetkan selesai pada 2020.

Menurut dia, perbaikan infrastruktur dari PT PLN tersebut memang diprioritaskan untuk pembangunan jalan.

“Sebanyak 70 persennya untuk jalan, sisanya untuk bangun sekolah, masjid, puskesmas, irigasi, dan lain-lain,” tuturnya.

Abubakar menambahkan, bantuan dari PT PLN untuk infrastruktur jalan di wilayah selatan KBB ini sangat membantu percepatan pembangunan. Sebab jika mengandalkan dana APBD, pembangunan jalan bisa berlangsung lebih lama lantaran keterbatasan anggaran.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang KBB M Ridwan mengungkapkan, tahun ini ada sekitar 100 paket jalan dan drainase yang akan dikerjakan Dinas PUPR di empat lokasi. Itu meliputi wilayah utara di jalur Maribaya-Patrol sepanjang 7 kilometer, wilayah tengah Jalan Purabaya-Jati-Saguling yang tersisa 5 kilometer, dan wilayah barat Jalan Cipeundeuy-Cipatat sepanjang 7 kilometer.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan