Pelajar Harus Memiliki Paradigma Wirausaha

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Untuk meningkatkan daya saing di era globalisasi, Wakil Gubernur Deddy Mizwar menekankan seluruh Forum Osis Jawa Barat agar memiliki mental ke wirausahaan.

Dia menilai, para pelajar biasanya masuk perguruan tinggi memiliki tujuan yaitu ingin mendapat pekerjaan. Namun paradigma ini hendaknya diubah mulai dari di bangku sekolah.

”Tujuan masuk perguruan tinggikan biasanya ingin dapat masuk kerja. Nah paradigma ini harus diubah menjadi menciptakan lapangan kerja,” jelas Deddy ketika ditemui dalam acara silahturami Forum Osis se-Jawa Barat, kemarin (‎15/1)

Menurutnya, jumlah wirausawan di Indonesia masih terbilang sedikit. Seiring sejalan dengan itu, Indonesia juga masih banyak pengguran. Sebab, obsesi lulusan pendidikan adalah ingin bekerja bukan menciptakan lapangan kerja.

Dirinya menuturkan, perbandingan antara julah penduduk di Indonesia dengan jumlah pengusaha asli indonesia masih sangat kecil bila dibandingkan dengan negara-negara lainnya seperti Korea, Jepang, China bahkan negara asean.

Menjadi pengusaha, imbuh dia, sebetulnya adalah pilihan terbaik untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Untuk itu selama ini Pemprov Jabar selalu mendorong melalu program-programnya yaitu dibidang permodalan dan pelatihan.

”Pemprov sudah menyiapkan itu, Jadi di Indonesia sangat wajar kalau kebanyakan karyawan dan buruh bukan pengusaha bahkan tidak sedikit sarjana yang menganggur,” kata Deddy.

Dalam kesempatan tersebut, ‎dirinya berpesan, ajang forum silaturahmi Osis ini hendaknya menjadi contoh dalam membangun kebersamaan dan sinergitas antar Osis diseluruh Jawa Barat.

Sementara itu, Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan Jawa Barat Dadang Rahman Munandar mengatakan, kegiatan tersebut patut diapresiasi. Sebab diadakan langsung oleh para pelajar se-Jawa Barat.

Kegiatan Forum tersebut digelar adalah bentuk keinginan bagi para pelajar sendiri. Sehingga menjadi ukuran dengan memberikan kesempatan menggelar event tersebut.

”Jadi pelajar juga kalau diberikan kesempatan pasti bisa melakukannya. Contohnya event silaturahmi ini,” kata Dadang.

Sependapat dengannya, Founder Forum Osis Jabar dan Pembina Forum Osis Jabar Hanif Fuadi mengatakan, tujuan didirikan Forum Osis ini adalah ingin menciptakan pelajar yang selalau berpikir cerdas dan menyikapi segala kondisi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan