Netty: Peran Istri Juga Vital

BANDUNG – Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Jawa Barat, Netty Prasetiyani menilai peran istri sangat penting dalam setiap keputusan yang diambil suami, terlebih jika suami adalah seorang pejabat.

Menurutnya, istri berkewajiban mengambil peran duet yang berfungsi untuk pengembangan ideologis. ”Suami yang menjabat sebagai pejabat publik sangat membutuhkan peran istri dalam mengambil keputusan agar tidak tersangkut kasus hukum,” kata Netty di Bandung kemarin.

Dia melanjutkan, seorang istri juga memiliki peran yang sangat vital yaitu harus mampu mengarahkan suami agar bisa selalu berjalan di atas jalan kebenaran. ”Jangan sampai melakukan penyimpangan yang akan merugikan khususnya anak istrinya, juga masyarakat umum secara luas,” kata dia.

Diakui Netty, dirinya pun selalu mengingatkan dan mengajak berdiskusi suaminya yaitu Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Menurutnya, hal tersebut terus dirinya lakukan sejak awal sang suami menjabat Gubernur Jawa Barat hingga berjalan dua periode saat ini. ”Sejak pak Aher menjadi Gubernur, saya selalu mengingatkan apakah kebijakannya sebagai Gubernur sudah sejalan dengan aturan atau tidak,” kata dia.

Untuk itu, Netty mengharapkam semua istri di Indonesia khususnya Jawa Barat mampu menjadi pendamping sekaligus teman diskusi bagi para suaminya dalam setiap pengambilan keputusan. ”Saya kira semua istri harus mampu seperti itu, karena hubungan suami istri bukan hanya rumah tangga saja tapi juga sosial,” kata dia. (pan/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan