Motivasi Anak Gemar Membaca

jabarekspres.com, BANDUNG – Kepala sekolah SDN 023 Pajagalan Kota Bandung Dante Rigmalia menyatakan, hari Pendidikan Nasional perlu diisi dengan kampanye penyadaran terhadap pentingnya pendidikan inklusif.

”Hal ini untuk mendorong pemerataan pendidikan dan pencapaian kualitas pendidikan,” kata Dante saat mengisi talkshow ”Percepatan Pendidikan yang Merata dan Berkualitas” diselenggarakan di SDN 023 Pajagalan, Kota Bandung, kemarin (2/5).

Dia mengatakan, kegiatan tersebut dikemas semenarik mungkin untuk menarik minat peserta didik. Termasuk orang tua murid yang datang.

Mereka semua diajak berinteraksi dengan bernyanyi dan kegiatan lomba menulis di mading untuk semua tingkatan kelas. Terlebih lagi mereka dipandu penyanyi Fiersha, finalis pencarian bakat Mamamia

Sontak banyak murid dan orangtua decak kagum peserta yang hadir. Sebab, Fiersha sebagai penyandang disabilitas (tunanetra) bisa melakukan hal yang luar biasa yang mungkin tidak semua orang bisa melakukannya. ”Bahkan sampai saat ini dia (Fiersha, Red) masih tercatat sebagai mahasiswi UPI tingkat akhir jurusan seni musik,” ungkapnya.

”Kehadiran Fiersha sebagai salah satu alat kampanye untuk memberitahukan kepada anak-anak bahwa kita juga harus bisa lebih baik dari dia yang memiliki keterbatasan fisik,” katanya.

Dante menyampaikan, dengan memberikan kesempatan yang merata bagi semua anak termasuk penyandang disabilitas, maka semua elemen bisa memahami keberagaman potensi anak. Dengan begitu, kebutuhan perkembangan setiap anak akan meningkatkan seiring kualitas pendidikan.

”Sejatinya pendidikan inklusif adalah filosofi penyelenggaran pendidikan yang menghargai dan mengakui keberagaman potensi dan kebutuhan belajar serta perkembangan anak,” ungkapnya.

Maka dari itu, Dante akan memberikan bekal parenting bagi orangtua untuk mendidik anaknya di lingkungan keluarga. Sebab, pemahaman yang baik tentang potensi anak dan aspek-aspek perkembangan, anak akan membantu orang dewasa dalam melayani anak sesuai dengan potensinya. ”Pendidikan yang merata dan berkualitas adalah kunci menuju kesejahteraan bangsa,” terangnya.

Ketua Pelaksana Hardiknad di SDN 023 Pajagalan  Yulia Yuliani mengaku, kegiatan tersebut merupakan prakarsa orangtua murid ini. Acara tersebut merupakan salah satu program sekolah. Salah satu programnya, mendorong para siswa khususnya di SDN 023 Pajagalan untuk lebih termotivasi untuk gemar membaca. ”Intinya untuk merangsang anak-anak agar termotivasi dalam hal membaca,” katanya. (pan/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan