Menangi MotoGP Malaysia, Dovizioso Jaga Peluang Juara Dunia

jabarekspres.com – Perebutan gelar juara dunia MotoGP 2017 harus ditentukan pada seri pamungkas di Valencia, Spanyol, pada 12 November mendatang. Itu setelah Andrea Dovizioso (Ducati) mampu memenangi seri MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (29/10).

Di satu sisi, Marc Marquez (Repsol Honda) yang merupakan kandidat kuat peraih gelar juara dunia musim ini, hanya finis di posisi 4 (P4). Dengan begitu, Dovi masih memiliki peluang memperebutkan gelar juara dunia di Valencia mendatang.

Dengan keberhasilan Dovi finis pertama, dia kini mengoleksi 261 poin. Sementara itu, Marquez hanya mendapat tambahan 13 angka dan menjadi 282 poin. Marquez sendiri masih berpeluang lebih besar menjadi juara dunia lantaran unggul 21 poin. Pada seri di Valencia, dia hanya butuh 5 poin untuk juara. Artinya, minimal berada di posisi 11 di Valencia, Marquez dinobatkan sebagai juara MotoGP 2017.

Persaingan Dovi dan Marquez memang sangat ketat. Keduanya sama-sama meraih 6 kemenangan pada MotoGP musim ini. Dovi memang berambisi juara lantaran terakhir kali Ducati menjadi juara dunia pada 2007 silam lewat Casey Stoner. Di satu sisi, Marquez ingin kembali juara secara back to back. The Baby Alien – julukannya, adalah juara dunia bertahan MotoGP 2016.

Sepanjang kariernya, Marquez telah 3 kali menjadi juara dunia. Dia melakukannya pada 2013, 2014, dan 2016.

Kemenangan Dovi di Sepang pada kali ini semakin menegaskan dia berjodoh di sirkuit tersebut. Maklum saja, pada MotoGP Malaysia 2016, Dovi juga meraih kemenangan. Dia mampu memenangi persaingan dengan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Balapan di Sepang kali ini dilakukan di lintasan dalam kondisi basah. Maklum saja, beberapa saat sebelumnya hujan menggguyur Sepang. Start dari posisi ketiga, Dovi bisa dibilang kurang panas. Sementara, Marquez yang start dari posisi 7 juga menunjukkan performa apik.

Pada awal balapan, Marquez sempat berada di depan Dovizioso. Memasuki lap 9, justru Jorge Lorenzo (Ducati) yang mampu berada di depan setelah menyalip Johann Zarco. Tak beberapa lama, Ducati menyodok dan berada di urutan kedua di balakang rekannya, Lorenzo. Sedangkan Marquez berada di posisi keempat.

Lorenzo terus memimpin dan Dovi berusaha untuk menyalip. Pada akhirnya, saat memasuki lap kelima, tepatnya di tikungan 15, Dovi berhasil menyusul Lorenzo. Dovi berhasil mempertahankan posisinya tetap di depan sampai finis. Sedangkan Lorenzo tetap berada di P2. Posisi Marquez juga tak berubah dan mengakhiri balapan di P4.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan