Masyarakat Dilatih Wirausaha Mandiri

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Untuk meningkatkan pengetahuan di bidang wirausaha Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) memberikan pelatihan untuk membantu kemajuan usaha khususnya bagi pelaku usaha kecil menengah

Kepala Disnakertrans Kabupaten Bandung Barat, Iing Solihin mengatrakan, sejumlah program pelatihan digulirkan oleh pemerintah bertujuan agar masyarakat dapat mandiri membuka usaha yang sukses.

Menurutnya, program pelatihan yang diselenggarakan itu bakal digelar setiap tahun. Sedangkan saat ini keseluruhan peserta diikuti 360 orang.

“Pelaksanaan pelatihannya dilaksanakan secara serempak di masing-masing kecamatan, selama sepuluh hari,”jelas Iing ketika ditenui dikantor Pemkab kemarin (17/6)

Dirinya berharap, setelah mendapatkan pelatihan, mereka dapat mengaplikasikannya menjadi seorang pengusaha sukses. Untuk itu, pihaknya mengajak bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Keterampilan (LKP) setempat.

Iing menyebutkan, menjahit , handycraff, dan menyablon. Diberikan kepada masyarakat khususnya generasi muda usia kerja atau masyarakat yang mendapatkan pemutusan hubungan kerja

“Jadi kalau mereka sudah bewirausaha ini juga bisa mengurangi persoalan pengangguran,”ucap dia

Dirinya menambahkan, peluang mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Sebab, setiap tahunnya angka pencari kerja semakin bertambah.Bahkan kalau terjadi penurunan kondisi ekonomi dunia usaha akan terjkena imbas secara global

Namun, dengan menunjukan kompetensi yang kuat, maka seseorang akan berhasil menjadikan pemenangnya dalam sebuah kompetisi.

“Untuk itu, kita harus bisa bersaing di tengah-tengah keterbatasan lapangan kerja. Tapi saya kira dengan modal (sabar, jujur dan tawakal), Insya Allah bisa mencapai kesuksesan,”pungkas dia (drx/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan