Mapag Taun Anyar di Kampung Sunda

BANDUNG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disubpar) Kota Bandung mencanangkan beraga acara spektakuler dan serentak dalam menyambut pergantian tahun 2017 ke 2018, di sejumlah titik di Kota Bandung.

Pembagian titik pusat acara menyambut Tahun Baru itu, agar memudahkan masyarakat untuk menonton, salahsatunya titik di daerah Bandung Timur yang dipusatkan di Sarana Olah Raga (SOR) Arcamanik di Jalan Pacuan Kuda Arcamanik Kota Bandung.

ANTUSIAS MENONTON: Penonton melihat aksi para penari bajidor, belum lama ini.

Di lokasi ini akan digelar acara dengan tema ”Mapag Taun Anyar di Kampung Sunda”, acara yang didesain kental akan khasanah kesenian Sunda itu digagas seniman asal Kota Bandung, Uwa Deden, dia juga didaulat sebagai penanggung jawabnya.

”Masyarakat pasti penasaran seperti apa gambaran tempat SOR Arcamanik ini menjadi sebuah perkampungan Sunda,” kata Uwa Deden yang optimistis gelaran acaranya bisa menyedot ribuan pengunjung.

Bahkan sebut Uwa Deden, acara itu Mapag Taun Anyar di Kampung Sunda itu akan digelar selama dua hari pada Tanggal 30-31 Desember 2017. ”Dimana ketika Minggu malam hari 31 Desember nya ada salasatu rangkain acara prosesi penyambutan Mapag Taun Anyar. Kita akan bersama-sama menghitung detik-detik pergantian tahun baru melalui garapan yang kental akan budaya masyarakat Sunda,” sambungnya.

Sementara untuk hari pertama Gelaran Festival Budaya “apag Taun Anyar di Kampung Sunda” itu, akan disuguhkan dengan ragam kesenian tradisional di antaranya Bajidor, Benjang Rajawali, Debus, Seni Kanuragan, prosesi Upacara adat, Pencak Silat, jaipongan dan masih banyak lagi. Selain itu acara ini juga akan dimeriahkan beberapa artis “Preman Pensiun”.

Bahkan Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil beserta istri Wali Kota Bandung, Atalia Praratya, Sekda Kota Bandung Yossi Irianto, Dra. Dewi Kaniasari, MA Kepala Dinas  Disbudpar Kota Bandung hadir juga H. Sigit Iskandar, S.IP., MM Kepala Bidang Produk Budaya dan Kesenian Dibudpar Kota Bandung.

Pada hari keduanya, 31 Desember akan diawali dengan senam masal jumba pada pukul 06.00 serentak bersama warga sekitar dan pengisi acaranya berbagai group Band Kontempoler dan modern diantaranya Matt Stone, Anak Adam Band, De Rock, KPJ dan lainnya. ”Selain itu ada sekitar 120 stand kuliner yang pastinya akan makin semarak, kuliner itu terdiri dari beberapa kuliner tradisional dan modern,” tambah Uwa Deden. (ajt/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan