KNPI Jangan  Terjun ke Politik Praktis

jabarekspres.com, BALEENDAH – Keberadaan organisasi Komite Organisasi Kepemudaan Indonesia (KNPI) di Kabupaten Bandung hendaknya tidak terlibat dalam politik praktis

Bupati Bandung Dadang Naser mengatakan, para pengurus KNPI harus lebih banyak melakukan kajian-kajian, termasuk kajian politik.Sehingga, bisa lebih bermanfaat bagi perkembangan politik khususnya di Kabupaten Bandung.

“Jadi pengurus KNPI itu jangan berorientasi ke politik. KNPI jangan dulu bermain politik praktis. Lebih baik KNPI bikin laboratorium politik yang melakukan kajian-kajian politik di level high politics,” jelas Dadang ketika ditemui usai jadi pemateri diskusi Revitalisasi Peran Pemuda, di Sekretariat DPD KNPI Kabupaten Bandung,  Jl Adipati Agung, Baleendah, kemarin (17/6).

Dirinya menilai, pengurus KNPI jangan memiliki niat masuk ke dalam Partai Politik. Sebab, kalau ini terjadi maka akan timbul perpecahan dan saling memiliki kepentingan. Namun, bila Parpol tersebut membutuhkan KNPI, hal itu merupakan hal politik dari masing-masing Parpol

“Jadi biarkan parpol yang butuh KNPI, jangan KNPI yang nyari-nyari mau ke parpol mana. Saya juga dulu masuk di Golkar karena waktu jadi Ketua KNPI direkrut sama Golkar, karena saya waktu di KNPI aktif di kegiatan sosial,” kenangnya.

Dadang pun mengakui saat dirinya masih jadi Ketua KNPI selalu menggelar kajian-kajian seminggu sekali di Sekretariat KNPI Kab Bandung.

Kajian lainnya yang bisa dilakukan KNPI menurut bupati yaitu kajian kebijakan publik. Sebagai organisasi kepemudaan KNPI harus bisa mengkaji strategi kebijakan pemerintah dan mengkritisinya.

“Silahkan KNPI mengkritik pemerintahan karena itu juga salah satu fungsi KNPI, dan saya juga tidak anti kritik. Asalkan kritik konstruktif. Mari kita beraudiensi kalau ada permasalahan tentang kebijakan terkait pembangunan,” kata dia

Pada kesempatan itu bupati mengapresiasi kegiatan KNPI di bulan Ramadhan yang memberikan santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa di lingkungan sekitar KNPI berada.

“Kegiatan santuan untuk anak yatim ini salah satu contoh kegiatan positif KNPI di bidang sosial. Meskipun hanya mendapat anggaran terbatas, tidak punya duit, tapi KNPI berani memberikan sesuatu kepada anak yatim,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan