Kalahkan Juventus, Real Madrid Juara Liga Champions 2016-2017

jabarekspres.com – Real Madrid sukses menjadi tim pertama yang mempertahankan gelar juara Liga Champions usai membungkam Juventus dengan skor 4-1 pada final di Stadion Millenium, Cardiff, Minggu (4/6) dini hari WIB. Cristiano Ronaldo menjadi pahlawan dengan mencetak brace.
Bagi Real Madrid, ini menjadi gelar ke-12 mereka di pentas Liga Champions (dahulu bernama European Cup). Gelar terasa lengkap dengan keberhasilan Cristiano Ronaldo menyabet gelar top skorer berkat torehan 12 gol, unggul satu gol di atas Lionel Messi.

Sejak awal, duel kedua tim sejatinya sudah berlangsung sengit. Juventus lebih dahulu mengambil inisiatif seragan yang memaksa para penggawa El Real bermain lebih ke dalam. Bahkan, laga baru berjalan tujuh menit Juventus sudah memperoleh peluang emas melalui Miralem Pjanic.

Gelandang asal Bosnia-Herzegovina itu mendapat bola muntah sedikit di luar kotak penalti. Tanpa membuang waktu, Pjanic melepas tembakan keras ke arah gawang yang masih bisa ditepis secara gemilang oleh penjagawa gawang Real Madrid, Keylor Navas.

Meski lebih banyak ditekan pada awal babak pertama, Real Madrid justru unggul lebih dahulu saat laga memasuki menit ke-20. Menerima umpan tarik mendatar dari Dani Carvajal, Cristiano Ronaldo langsung menembakkan bola ke arah gawang. Bola sempat memantul kaki Leonardo Bonucci sebelum melesak ke dalam gawang tanpa mampu dijangkau Gianluigi Buffon.

Bagi Ronaldo, ini menjadi gol ke-600 yang dicetaknya sepanjang karier. Dia juga menjadi pemain pertama yang sanggup mencetak gol pada tiga final Liga Champions. Sementara, ini pun menjadi gol ke-500 Real Madrid sepanjang sejarah di Liga Champions. Terbanyak di antara klub-klub lain.

Namun, Juventus merespons langsung gol Ronaldo. Tujuh menit setelahnya, Mario Mandzukic yang menerima umpan dari Gonzalo Higuain, mengontrol bola dengan dada sebelum melakukan tembakan akrobatik membelakangi gawang. Bola menghujam ke pojok kiri gawang tanpa mampu dijangkau Navas.

Skor imbang 1-1 membuat kedua tim mulai bermain hati-hati pada sisa babak pertama. Jual beli serangan dilancarkan kedua kubu, tapi sampai wasit Felix Brych meniup peluit akhir babak pertama, tak ada gol tambahan yang tercipta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan