Juventus vs Real Madrid: Duodecima Yang Tak Mudah

jabarekspres.com, CARDIFF – Zinedine Zidane pernah punya mimpi besar 15 tahun silam. Mimpi yang dia ucap ketika mampu menjuarai Liga Champions untuk kali pertama. Mimpi yang tak pernah bisa dia gapai bersama Juventus. ”Saya ingin Decima, La Decima, dan Duodecima,” kata Zidane ketika diwawancarai Marca, 2003 silam.

Ya, Zidane sudah membuktikannya. Decima alias gelar Liga Champions kesepuluh Real sudah dia rasakan saat dia jadi asisten Carlo Ancelotti pada 2014 silam. Kemudian, saat dirinya menjadi entrenador Los Blancos – julukan Real – musim lalu, Zidane juga berhasil memberi La Decima (gelar ke-11) bagi Real.

Nah, kini tinggal satu mimpi yang belum diwujudkan Zizou, panggilan akrabnya. Mimpi itu adalah meraih duodecima-nya musim ini. Dan, mimpi itu harus dia tebus dalam laga final di Millenium Stadium, Cardiff menghadapi Juventus dini hari nanti WIB (Siaran Langsung beIN Sports 1/ SCTV pukul 01.45 WIB).

Masalahnya, untuk mewujudkan duodecima ini tak akan mudah. Sebab, ada jurang besar menganga di depan Zidane untuk bisa merealisasikan mimpinya itu saat ini juga. Usai sukses di percobaan La Decima-nya musim lalu, Zidane rasanya harus menunggu musim depan jika tetap menginginkan Duo Decima.

Jurang itu adalah kutukan juara bertahan Liga Champions. Sejak formatnya berganti jadi Liga Champions pada musim 1992-1993, belum satu pun klub juara bertahan yang bisa back to back juara pada musim selanjutnya. Mentok, klub juara bertahan hanya bisa mengakhiri final di posisi runner up musim berikutnya.

Sedangkan termasuk saat masih bernama European Cup, AC Milan klub terakhir mampu juara back to back pada musim 1988-1989 dan 1989-1990. Zidane pernah berada di posisi yang tidak jauh berbeda dengannya saat ini, dan dia gagal. Zidane gagal membawa Juventus menjadi juara Liga Champions back to back pada musim 1995-1996 dan 1996-1997.

Di final 1996-1997, Zidane ada dalam skuad Juventus yang kalah 1-3 di tangan Borussia  Dortmund. ”Ketika Anda kalah pada laga final, perasaan akan jadi tak karuan. Tapi inilah sepak bola. Saya bisa menerima apa yang sudah diberikan sepak bola untuk saya,” ungkap eks pemain timnas Prancis itu dalam wawancaranya kepada Goal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan