Jumlah Duda Di Sukabumi Relatif Melonjak

“Berdasarkan data penduduk, jumlah laki-laki di Kota Sukabumi sebanyak 166.971 jiwa. Dari jumlah itu, duda yang cerai hidup sebanyak 1.845 jiwa dan duda cerai mati sebanyak 2.142 jiwa,” terang Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi, Tantan Hadiansyah, kemarin (6/7).

Hasil pendataan, jumlah duda itu tersebar di tujuh kecamatan. Di Kecamatan Baros terdapat 396 jiwa, di Kecamatan Cibeureum sebanyak 437 jiwa, di Kecamatan Cikole sebanyak 806 jiwa, di Kecamatan Citamiang sebanyak 672 jiwa, di Kecamatan Gunungpuyuh sebanyak 489 jiwa, di Kecamatan Lembursitu sebanyak 487 jiwa, dan di Kecamatan Warudoyong sebanyak 700 jiwa. Menurut Tantan, jumlah duda setiap tahunnya relatif meningkat. “Jika melihat data statistik, jumlah duda di Kecamatan Cikole terbilang paling banyak dibandingkan di wilayah lainnya,” ujarnya.

Jika dibandingkan tahun lalu pada periode sama, jumlah duda tahun ini memang relatif meningkat. Pada semester pertama tahun lalu jumlahnya sebanyak 3.984 orang dengan rincian cerai hidup sebanyak 1.847 orang dan cerai mati 2.137 orang. “Ada peningkatan jumlah dibandingkan tahun lalu dengan tahun ini,” tukasnya.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar, menyebutkan faktor penyebab masih adanya duda bukan ranah intansinya. Jika melihat data statistik dan grafik, tahun ini jumlahnya lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Setiap pendataan penduduk selalu di-update karena harus dilaporkan ke Kementerian Dalam Negeri. “Setiap perkembangan data pertumbuhan penduduk akan kami laporkan ke Kementerian Dalam Negeri RI karena nantinya akan disesuaikan dengan arah kebijakan pemerintah,” tandas dia.(mg35)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan