Jam Kosong Disukai Siswa, Sekolah Belum Jadi Tempat Menyenangkan

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Bunda Literasi Jawa Barat Netty Heryawan mengatakan berdasarkan data dari lembaga survei swasta di Indonesia, menunjukan bahwa terdapat tujuh hal miris yang menjadi favorit siswa di sekolah.

Hasil survei menyebutkan, ketujuh hal yang disukai siswa yakni jam pelajaran kosong, tidak ada tugas dan pekerjaan rumah, ulangan harian yang diundur, tidur di kelas, jam pelajaran olahraga, makan di kantin, serta rapat guru. ”Apa yang salah dengan fenomena ini?” ucap Netty, kemarin (22/1).

Atas hasil survei tersebut, Netty merasa hal ini sangat memprihatinkan. Sebab, di saat pemerintah terus menggemborkan program-program pencerdasan bangsa, namun justru para pelajar menganggap sekolah sebagai siksaan. ”Ini artinya tidak semua anak, khususnya di Jawa Barat, siap untuk sekolah,” tambahnya.

Namun, Netty justru memandang fenomena tersebut terjadi karena tidak adanya rasa tenang dan nyaman bagi para siswa, sehingga banyak dari mereka datang ke sekolah dengan terpaksa.

Untuk mengantisipasi hal itu, Netty mengajak setiap sekolah agar menciptakan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan bagi siswanya. Sehingga siswa tidak lagi menganggap sekolah sebagai sumber beban pikiran, melainkan justru siswa merasa berat saat meninggalkan sekolah.

”Coba kita renungkan bagaimana bila institusi pendidikan hanya menjadi pihak ketiga yang diandalkan orangtua untuk mendidik anaknya,” tandasnya. (nif/ign/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan