Indonesia vs Thailand: Mengejar Mimpi 26 Tahun

jabarekspres.com, KUALA LUMPUR – Skuad Indonesia U-22 yang tampil di SEA Games 2017 merupakan jebolan dari timnas U-19 dan beberapa alumni SEA Games dua tahun lalu di Singapura. Setelah menjalani latihan sejak Februari 2017 lalu, Hansamu Yama Pranata dkk dihadapkan pada tugas besar membawa pulang medali emas sepak bola.

Terakhir kali berjaya, Garuda Muda-julukan Timnas U-22 menciptakan itu pada edisi SEA Games 1991 silam. Persis 26 tahun yang lalu. Sudah cukup lama memang, kini Indonesia bakal memulai start berat menghadapi Thailand pada laga pertama grup B, di Shah Alam Stadium, Selangor, Malaysia (Siaran Langsung SCTV, pukul 15.00 WIB).

Indonesia berada satu grup berama Thailand, Vietnam, Kamboja, Filipina dan Timor Leste. Di atas kertas, hanya Thailand dan Vietnam yang bakal menjadi penantang tanggung buat skuad asuhan Luis Milla. Pada perjumpaan terakhir di Kualifikasi Piala AFC U-23 belum lama ini, Indonesia ditahan imbang Thailand (0-0).

Namun, pertandingan yang berlangsung di National Stadium, Bangkok kala itu diwarnai dengan kondisi lapangan buruk setelah diguyur hujan lebat. Akibatnya, skema permainan yang diterap­kan Garuda Muda juga tidak berjalan. Hasilnya, Permainan saat itu juga cenderung keras antara kedua tim.

Garuda Muda memang baru berkumpul kembali sejak 7 Agus­tus lalu setelah diliburkan pasca Kualifikasi Piala AFC U-23. Prak­tis, mereka hanya punya waktu berlatih sekitar lima hari sebelum bertolak ke Kuala Lumpur Sa­btu pagi lalu (12/8).

Bahkan di Kuala Lumpur, mereka baru berlatih pada Minggu sore. Endri Irawan, manajer Timnas U-22 men­jelaskan bahwa situasi itu harus dihadapi. Tetapi dia tidak terlalu khawatir dengan kondisi para pemain. ”Fisik mereka tetap terjaga, karena saat libur kemarin mereka juga main buat klubnya,” ujar pria yang juga CEO tim Liga 1, Mitra Kutai Kartanegara itu.

Hal yang sama juga dialami Thailand U-22. Mereka juga baru mempersiapkan diri lima hari sebelum keberang­katan ke Malaysia. Watanya Wongopasi, manajer timnas Thailand U-22 mengatakan bahwa timnya dipenuhi pe­main bintang. ”Karena me­reka tampil regular di Thai League,” ujarnya. (nap/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan