Gunung Padang dan Kebun Raya Cibodas jadi Destinasi Favorit

jabarekspres.com, CIANJUR – Tingkat kun­jungan wisatawan ke be­berapa tempat wisata pop­uler di Cianjur meningkat pada musim libur Lebaran tahun ini. Situs Gunung Padang dan Kebun Raya Cibodas dikunjungi ribuan wisatawan, baik lokal mau­pun luar daerah. Bahkan di Gunung Padang, wisatawan mancanegara tampak hadir berkunjung untuk melihat kemegahan situs yang ter­letak di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Ka­bupaten Cianjur itu.

Koordinator Juru Pelihara Situs Gunung Padang, Nana­ng Sukmana, mengatakan, sejak hari Lebaran, tingkat kunjungan kembali men­ingkat setelah sebelumnya pada saat Ramadan sempat menurun drastis. Padatnya tingkat kunjungan bisa terli­hat dari penuhnya beberapa teras utama di puncak situs dan halaman parkir sepeda motor yang sudah tak me­nyisakan ruang.

“Untuk awalnya mencapai 1.500 pengunjung, tapi di hari ketiga usai Lebaran naik lagi sampai 2.500 pengunjung dalam sehari,” kata dia kepada Jabar Ekspres, kemarin (2/7).

Dia menuturkan, menin­gkatnya angka kunjungan diprediksi terjadi sepanjang libur hari raya hingga libur sekolah usai. Pengunjung pun tidak hanya berasal dari Cianjur, melainkan banyak yang berasal dari Bandung, Jakarta, hingga wisatawan mancanegara.

“Satu pekan ke depan diperkirakan akan terus meningkat karena libur yang cukup panjang dan libur sekolah yang sampai dua pekan ke depan,” katanya.

Seiring meningkatnya jum­lah wisatawan itu, pengelola mengimbau pengunjung untuk mematuhi zona yang telah disediakan untuk pen­gunjung agar keamanan dan kebersihan situs tetap terjaga.

Perilaku pengunjung, tam­bah dia, kerap mengancam kelestarian situs. Pasalnya, mereka sering tidak mengin­dahkan aturan, mulai dari menginjak daerah yang dila­rang hingga menaiki batuan yang berdiri tegak, padahal beberapa kali perilaku itu membuat batuan roboh bahkan patah.

“Puluhan juru pelihara situs bertugas untuk meng­ingatkan pengunjung agar tidak melanggar zona yang telah ditentukan. Namanya pengunjung, pasti ada saja yang membandel, makanya kami juga kerja ekstra den­gan meningkatnya kunjun­gan ini,” katanya.

Di Kebun Raya Cibodas, staf Humas Kebun Raya Cibodas, Tatang, mengatakan dua hari terakhir jumlah pengunjung yang datang ke kebun raya tersebut, setiap harinya men­capai 15 ribu orang yang sebagian besar mengunakan kendaraan pribadi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan