Gowes Sepeda Bandung-Solo

jabarekspres.com, BANDUNG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung dan Komunitas Eco Transport terus mengajak masyarakat kembali menjalani hidup sehat dengan bersepeda. Untuk mengampanyeukan budaya bersepeda, Dishub Kota Bandung dan Eco Transport menggelar 500KM ECOTRANSPORT Bandung – Solo. Event ini berupa bersepeda dari Kota Bandung menuju Kota Solo. Aksi, dimulai pada 12 Mei 2017 dan berakhir di Solo pada 18 Mei 2017.

Sepanjang perjalanan, tim akan berhenti di beberapa titik untuk melakukan sharing session dan berbagai kegiatan yang mengusung tema ”Mengabarkan Kebaikan dari Bandung untuk Indonesia”. Adapaun titik-titik pemberhentian diantaranya dilakukan di Cirebon, Pekalongan, Semarang dan Solo.

Sekretaris Dinas Perhubungan Anton Sunarwibowo berharap, kegiatan ini bisa menginspirasi daerah lain untuk menerapkan tren bertransportasi sesuai dengan Sustainability Development Goals 2010 (SDGs).

”Kita dukung gerakan kabarkan kebaikan ini. Kami punya program berjalan kaki, bersepeda dan bertransportasi publik. Sebagai salah satu upaya juga untuk mewujudkan Bandung Kota Sepeda,” ujar Anton dalam Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, kemarin (9/5).

Ketiga orang pesepeda yang akan menempuh jarak Bandung-Solo yakni Aki Niaki (Trail Adventurer) Hendro Talenta (Urban Community Arranger) dan Windu Mulyana (Road Safety Coach).

Menurut pria yang karib disapa Kang Aki tersebut, tidak ada persiapan khusus untuk bersepeda sejauh 500 KM. Di usianya yang 60 tahun dia sering melakukan aksi teladan untuk menjadikan kota yang ditinggalinya lebih baik.

”Kita adalah bagian dari perubahan untuk keberlanjutan bumi. Ide sederhananya adalah bersepeda ke Solo saja bisa, apalagi cuma di kota. Kami akan bercerita tentang bagaimana di Bandung melakukan kegiatan positiff secara bersama-sama,” kata Aki

Aki bersama Windu dan Hendro akan dilepas oleh Sekda Kota Bandung Yossi Irianto pada 12 Mei 2017 di Balai Kota Bandung. Dari Bandung, mereka akan bersepeda ke Cirebon, Pekalongan, Semarang dan Solo. (dn/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan