Gagal Meledak di Kafe

jabarekspres.com, BANDUNG – Pengawasan pada tindak terorisme layak diperketat. Bagaimana tidak, upaya peledakan bom panci di kafe ”I Am Beer” Jalan Braga, Kota Bandung, ternyata nyaris berhasil.

REKA ULANG: Petugas Kepolisian melakukan
rekonstruksi kasus bom panci Buah Batu dengan
terduga komplotan AW, di Jalan Suniaraja, Selasa (29/8).

Hal tersebut terungkap dari rekaulang upaya peledakan bom panci di Jalan Braga. Polda Jawa Barat bersama Densus 88 Antiteror menghadirkan satu orang pelaku.

Upaya peledakan tersebut dilakukan oleh Agus Wiguna, terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang ditangkap setelah rumah kontrakannya di Jalan Kubang Bereum, Buahbatu, Kota Bandung, yang hancur akibat ledakan bom panci, beberapa bulan lalu.

”Ini hari kedua rekonstruksi. AW berperan langsung dalam rekonstruksi ini,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Yusri Yunus saat ditemui di sela rekonstruksi, kemarin (29/8).

Yusri menjelaskan, dalam rekaulang pelaku diketahui sudah sempat masuk ke kafe dengan membawa ransel berisi bom panci. Meski demikian, Yusri tak menjelaskan lebih detail bagaimana ransel tersebut bisa masuk ke kafe tanpa pemeriksaan.

”Tersangka ini melakukan (upaya peledakan) sebagai pengantin,” jelas Yusri.

Selama di dalam kafe, lanjut Yusri, Agus Wiguna duduk di kursi yang ada di bagian tengah kafe. Pada saat itu, kata dia, sekitar pukul 23.00 kondisi kafe tengah ramai pengunjung. Sebagian pengunjung adalah wisatawan mancanegara.

”Tersangka sempat masuk ke dalam kafe dan duduk menunggu bomnya meledak. Tapi setelah 20 menit ditunggu bomnya enggak meledak,” urainya.

Setelah bom dipastikan gagal meledak, pelaku kemudian pulang ke rumah kontrakannya. Dia memeriksa kembali apa kekurangan yang membuat bom tersebut tidak meledak. Sekaligus melaksanakan aksi peledakan bom selanjutnya.

”Di rumah mereka kembali dan merencanakan lagi ke salah satu rumah makan di Astana Anyar,” ungkapnya.

Yusri memerinci, bom panci yang dibawa oleh Agus diketahui Wiguna berkekuatan besar. Jika meledak, bom tersebut mampu meluluhlantakan gedung kafe I Am Beer dalam sekejap. ”Bom ini kekuatannya lima kilogram,” tandasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan