Fraksi Gerindra Pertanyakan Usulan DOB

jabarekspres.com, BANDUNG – Usulan Daerah Otonomi Baru (DOB) masih menunggu persetujuan dari Presiden. Padahal wacana pembentukan DOB ini sudah direncanakan lama.

Ketua Fraksi Partai Gerinda DPRD Jabar Ricky Kurniawan mengatakan, untuk Jabar sendiri sebetulnya ada dua daerah DOB yang sudah diusulkan ke pemerintrah pusat. Di antaranya, Kabupaten Sukabumi Barat dan Kabupaten Garut Selatan.

”Memang ini sudah disampaikan ke tingkat pusat, namun sampai saat ini masih menunggu persetujuan presiden. Untuk DPR RI sudah masuk dalam prolegnas,” jelas Ricky di gedung DPRD Jabar kemarin (21/3).

Dia mengatakan, selama ini kajian dan analisa tentang kedua daerah tersebut sudah dilakukan secara mendalam. Beberapa alasan tentang perlunya kedua daerah itu dibentuk pemerintahan baru di antaranya adalah wilayah tersebut memiliki daerah sangat luas. Sehingga menyulitkan masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan, izin usaha dan lainnya.

”Jadi inikan perlu pengembangan agar pusat pemerintahan bisa melayani masyarakat,” kata dia.

Selain itu, mengenai kesiapan administrasi kedua daerah ini dinilai sangat layak bila kembangkan menjadi pemerintahan terlebih untuk Kabupaten Sukabumi barat pusat pemerintahannya sudah ditentukan di Cigudeg. Bahkan, untuk membangun gedung pemerintahan daerah lahan sudah tersedia seluas 500 hektar.

Ricky menuturkan, bila ditinjau dari letak geografis kedua daerah ini  memiliki luas wilayah yang cukup representatif bila dijadikan DOB. Sehingga, kebutuhan dasar masyarakat bisa terpenuhi.

Dia menambahkan, keinginan ini sebetulnya bentuk aspirasi dari masyarakat setempat. Sebab selama ini mereka yang paling merasakan kurangnya pelayanan dari pemerintah.

”Jadi coba bayangkan saja kalau bikin E-KTP atau perizinan masyarakat di sana harus menampuh jarak puluhan kilometer. Nah kalau sampe di kantor disdukcapil setepat malah sudah tutup,” pungkas Ricky. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan