Essien-Cole Butuh Adaptasi Tiga Bulan

jabarekspres.com, BANDUNG – Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman menyadari dua pemain bintangnya, Michael Essien dan Carlton Cole, kemungkinan masih butuh adaptasi hingga tiga bulan ke depan. Essien dan Cole masih harus menikmati dahulu bangku cadangan saat Liga 1 kontra Gresik United di Stadion Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

”Essien dan Cole belum beradaptasi sesutuhnya. Baik cuaca, jam tidur juga. Itu berpengaruh kepada penampilan secara fisik,” jelas pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

Djanur berharap, Essien dan Cole mampu bekerja keras demi menunjang performa di lapangan. Pada laga pekan ketiga Liga 1 kontra Sriwijaya FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Persib mencadangkan Essien dan Cole. Essien baru masuk pada menit ke-79, sedangkan Cole tidak diturunkan sama sekali.

Djanur memaklumi kesulitan adaptasi Essien dan Cole setelah baru dua bulan tinggal di Indonesia. Djanur memberi contoh bagaimana bek asing Persib Vladimir Vujovic juga mengalami masalah adaptasi pada awal bergabung dengan Maung Bandung. ”Dahulu saja Vlado harus sampai tiga bulan dia baru bisa adaptasi,” beber pelatih berusia 52 tahun ini.

Tapi, Djanur melihat keseriusan Essien dan Cole untuk cepat beradaptasi. Program latihan Persib juga dilahap dua pemain yang pernah membela Chelsea tersebut.  ”Tidak semua pemain asing harus lama beradaptasi. Tergantung dari mana pemain asing itu datang,” jelas pelatih yang sempat menimba ilmu di Italia bersama Inter Milan ini.

”Tapi saya lihat ada usaha dari mereka, seperti latihan pagi tepat waktu. Walaupun terlihat memaksakan diri,” ungkapnya.

Di balik hal itu, dia memuji akurasi umpan dari lini tengah yang dikreasikan Essien. Namun Djanur ragu menurunkan Essien sejak awal laga lantaran Si Bison—julukan Essien—masih bermasalah dengan kondisi fisiknya.

”Buat apa lama di lapangan kalau tidak efektif, malah bisa mengganggu stabilitas tim. Saya akan memasukkan dia pada saat yang tepat dan bisa berkontribusi,” ungkapnya lagi.

Tim berjuluk Maung Bandung bakal melakoni laga kelima Liga 1. Tim itu akan menjamu Persipura Jayapura di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (7/5). (any/sib/ign/ira/JPG)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan