E-Musrenbang Terobosan Smart City

Selain itu, masyarakat dapat melakukan penelusuran (tracking) terhadap usulan kegiatan yang terintegrasi dengan sistem penganggaran (e-budgeting). Aplikasi ini juga secara otomatis akan terhubung ke Bandung Command Center sehingga pimpinan daerah dapat memantau langsung progress perkembangan Musrenbang.

Sementara itu, Ridwan Kamil memaparkan bahwa sebetulnya masalah aspirasi masyarakat terletak pada terputusnya komunikasi dengan SKPD terkait. Sebelumnya, masyarakat tidak menerima informasi, apakah aspirasi yang diajukannya diterima atau ditolak. Dengan aplikasi ini, masyarakat akan bisa mengetahui kejelasan status aspirasinya.

”Yang penting buat warga bukan soal disetujui tidaknya, tapi diberi kepastian. Kalau tidak disetujui kenapa, kalau disetujui kenapa. Sehingga mereka bisa memahami, komunikasi yang selama ini hilang. Masalah tidak disetujui karena nggak punya duit kan orang juga pasti paham,” jelas pria yang biasa disapa Emil.

Dia pun berterima kasih kepada Ikatan Alumni ITB Jawa Barat yang telah menghibahkan aplikasi ini untuk pemerintah kota. Menurutnya, ini merupakan bagian dari partisipasi publik terhadap pembangunan kota.

”Saya berterima kasih kepada Ikatan Alumni ITB Jawa Barat yang dengan canggihnya menghibahkan itu kepada Pemerintah Kota Bandung,” ucapnya.

Menurutnya, Musrenbang merupakan hal terpenting dalam perencanaan pembangunan. Di Musrenbang berbagai pihak dan berbagai kepentingan, dengan berbagai usulan dapat bertemu dan mendiskusikan yang pada akhirnya usulan-usulan tersebut akan dikaji dan disepakati menjadi alternatif solusi dari sejumlah persoalan-persoalan di Kota Bandung.

”Selama ini, Musrenbang sering lose interesesion terus tidak ada sistim tracking-nya. Yang ada itu selama ini e-musrenbang lebih kepada digitalisasi dokumen manual,” kata Emil.

Dia mengatakan, pemamfaatan aplikasi baru merupakan strategi tepat untuk memudahkan seluruh komponen masyarakat yang terlibat dalam proses perencanaan partisifatif. Hal ini agar dapat menyampaikan usulan, mengakses informasi yang dibutuhkan, melakukan penelusuran usulan serta mendapat kepastian mengenai usulan yang disampaikan. Sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan animo warga Kota Bandung untuk berperan aktif dalam membangun Kota.

E-Musrenbang ini sekarang canggih. Pake HP, permohonan di awal sampai akhirnya biasa di-tracking. Dengan e-Musrenbang ini tidak terjadi lagi data-data yang hilang dalam perjalanan aspirasi warga,” ungkap orang nomor satu di Kota Bandung itu. (rls/agus-job/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan